Meta Quest 3, Headset VR Dunia Nyata dan Virtual yang Dibanderol Rp 7 Jutaan, Apa Saja Kecanggihannya?

Meta Quest 3, Headset VR Dunia Nyata dan Virtual yang Dibanderol Rp 7 Jutaan, Apa Saja Kecanggihannya?

Meta Quest 3 Headset VR Dunia Nyata dan Virtual yang Dibanderol Rp 7 Jutaan-fin-Meta-

FIN.CO.ID - Meta Quest 3 telah resmi diluncurkan pada 27 September 2023 kemarin. Headset VR Mainstream ini dikenalkan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg pada acara Meta Connect 2023.  

"Memperkenalkan Meta Quest 3. Headset mainstream pertama dengan realitas campuran warna beresolusi tinggi. 40% lebih tipis dan lebih nyaman. Tampilan dan resolusi lebih baik. Chipset Qualcomm generasi berikutnya dengan kinerja grafis 2x lebih baik. Headset kami yang paling kuat," tulis Mark Zuckerberg seperti dikutip fin.co.id dari akun Instagram pribadinya yang bercentang biru @zuck pada Kamis, 28 September 2023. 

Apa Itu Meta Quest 3

Meta Quest 3 adalah headset realitas virtual yang dikembangkan Reality Labs yang merupakan divisi dari Meta Platforms. Meta Quest 3 akan dirilis dan dijual ke pasar pada 10 Oktober 2023 mendatang.

Meta Quest 3 diklaim mampu menggabungkan dunia nyata dan virtual. Yang menarik, keduanya dapat berinteraksi secara real time. 

Secara teknis, headset mixed reality ini adalah teknologi yang menggabungkan konsep augmented reality dan virtual reality. 


Meta Quest 3 -fin-Mark Zuckerberg-Instagram

BACA JUGA:

Meta Quest 3 ini tersedia dalam dua ukuran penyimpanan: 128GB dan 512GB. Dari sisi teknologi, Meta Quest 3 sudah ditenagai Qualcomm Snapdragon XR2 Gen 2 generasi baru dan RAM 8GB.

Meta Quest 3 mengusung layar baru dengan 4K+ Infinite Display. Yaitu dua LCD yang menggunakan optik pancake untuk mencapai resolusi 2.064 x 2.208 piksel per mata. 

Soal kecepatan refresh, Meta Quest 3 memiliki kecepatan 90Hz dengan kecepatan refresh eksperimental 120Hz.  

Untuk daya tahan baterai, sekitar 2,2 jam hingga 2,9 jam. Headset virtual akan terisi kembali hingga penuh dari 0% dalam 2 jam dengan pengisi daya 18W.

Desain Meta Quest 3

Headset virtual ini memiliki estetika keseluruhan yang sama dengan Meta Quest 2. Bedanya profil optiknya kini sudah 40% lebih ramping berkat lensa pancake. 

Selain itu Meta Quest 3 juga dilengkapi dua kamera RGB berbentuk pil dan proyektor di bagian depan headset. Ini untuk memfasilitasi transmisi video penuh warna. 

Ada juga roda penyesuaian jarak lensa yang memungkinkan penyesuaian jarak antar pupil (IPD) yang lebih presisi. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: