Durian Kaesang

Durian Kaesang

Kaesang Pangarep-Harian Disway-

Oleh: Dahlan Iskan

BEGITU CEPAT: perubahan politik. Satu hari tidak membuka HP saya ketinggalan berita: Kaesang Pangarep jadi ketua umum baru Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Saya jarang buka HP belakangan.

Saya lagi asyik membantu tukang. Membangun rumah bambu. Tidak sepenuhnya bambu. Hanya agar sesuai dengan lingkungan yang banyak bambu: pegang gergaji, angkat batu, mencangkul, pegang palu. Apa pun. Dari pagi sampai senja.

Keasyikan inilah yang membuat saya juga ketinggalan soal Rempang. Sampai tulisan saya soal itu hanya biasa-biasa saja. Pun beberapa topik yang lain. 

Berita baiknya: berat badan bisa turun. Mungkin kelihatan lebih tua. Seperti foto di kereta cepat itu. Lebih hitam. Tapi bisa sedikit mengurangi tembem.

Tentu saya kaget mendengar langkah kuda Kaesang. Saya pernah dengar ia akan ke Amerika. Menyertai istrinya meneruskan kuliah yang lebih tinggi di sana. Berarti ada yang sangat penting bahwa Kaesang harus terjun ke politik. Menjelang Pemilu pula.

Mengapa pilih PSI? Partai kecil yang belum punya wakil di DPR? Bukankah semua partai besar menantinya? Pun partai yang juga kandang asli keluarga besar Presiden Jokowi?

Kaesang menceritakan sendiri jawabnya. Yakni saat memberi sambutan di acara pengukuhannya sebagai ketua umum Senin malam lalu. "Saya jatuh cinta ke PSI," katanya.

Tentu itu omongan politikus. Yang sebenarnya di balik itu hanya ia yang tahu. Mungkin juga bapaknya. Atau juga kakaknya, wali kota Solo itu.

Rasanya pilihan itu tepat. Masuk partai besar ia harus merangkak dari bawah. Apalagi di PDI-Perjuangan berlaku aturan jenjang kaderisasi. Tidak mungkin langsung jadi ketua umum. Jadi sekjen pun mustahil. Pun jadi salah satu ketua partai. Apalagi dalam situasi hubungan Pak Jokowi beserta anaknya lagi penuh misteri belakangan ini. 

Kaesang anak muda. Baru 28 tahun. Ia perlu tantangan. Khas anak muda yang mau punya jalan sendiri. Merintis karir sendiri. Dari kecil. Dari sulit. Tidak mau langsung enaknya. Ia harus merasakan keringat sebagai pejuang.

Tentu akan ada yang bilang ia tidak benar-benar langsung dari bawah. Begitu masuk partai langsung jadi ketua umum. Juga langsung mendapat dukungan relawan Jokowi. Para relawan itu hadir di acara pengukuhan.

Kaesang sendiri yang mengungkapkan peran relawan bapaknya. Mungkin dengan tujuan tertentu: menembak ke segala arah. "Di sini hadir relawan Pak Jokowi. Jumlahnya....", ujar Kaesang melirik teks pidato, "137 relawan. Tapi saya dengar sudah menjadi 200".

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber:

Berita Terkait

Inisial B

2 hari

Jaga Hati

1 minggu

Politik Hati

1 minggu

Emas Bodoh

1 minggu

Nilai Wong

2 minggu