Diresmikan Presiden Jokowi, PSSI Akhirnya Punya Training Center di IKN

Diresmikan Presiden Jokowi, PSSI Akhirnya Punya Training Center di IKN

Training Center di IKN--

Training Center di IKN - Groundbreaking National Training Center di Ibukota Nusantara (IKN) dilakukan pada Jumat 22 September 2023 serta menandai babak baru sepak bola Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Ketum PSSI Erick Thohir menyampaikan harapannya terhadap training center ini.

Ia juga mengatakan bahwa adanya TC ini juga tak lepas dari kepercayaan Presiden Joko Widodo dan komitmen FIFA membantu sepak bola Indonesia.

"Ini cita-cita lama yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat pecinta sepak bola, di mana kita akhirnya bisa membuat sejarah memiliki training center (TC) buat tim nasional sepak bola yang terpadu," ujar Erick, dikutip dari ANTARA.

Erick menyampaikan FIFA telah memberikan bantuan senilai Rp85,6 miliar untuk pembangunan fase pertama berupa dua lapangan, tempat penginapan untuk para pemain dan pelatih, juga ruang ganti.

"Ini pertama kali FIFA memberikan hibah sebesar ini ke sebuah negara," ucap Erick.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini pun mengatakan bahwa pembangunan TC seluas 34.5 hektare ini menadakan dukungan Kementerian PUPR terkait infrastruktur.

Untuk fase dua, lanjut Erick, akan ada pembangunan delapan lapangan, dengan rincian lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan latihan tertutup, satu lapangan beach football, dan fasilitas pendukung lainnya seperti kolam renang hingga sport science.

"Ini saya rasa simbol bahwa dunia internasional, FIFA, percaya bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara ini benar-benar nyata dan ini adalah hal yang tentu positif," lanjut Erick.

Pembangunan training center yang rencananya dilakukan dalam waktu delapan bulan akan dipercepat menjadi enam bulan.

Kabarnya, percepatan target pembangunan tersebut telah mendapat persetujuan dari Jokowi.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia memiliki begitu banyak stadion bertaraf internasional, baik di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Akan tetapi, Indonesia belum memiliki tempat latihan untuk timnas yang terpusat dan terintegrasi sehingga membuat timnas selalu berpindah tempat untuk berlatih.

"Oleh sebab itu, Alhamdulillah pada pagi hari ini akan kita groundbreaking National Training Center untuk sepak bola Indonesia," ujar Jokowi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Vitalis Yogi T.

Tentang Penulis

Sumber: