Nur Nadlifah Apresiasi Prestasi Brebes Jadi Juara Nasional Penurunan Stunting

Nur Nadlifah Apresiasi Prestasi Brebes Jadi Juara Nasional Penurunan Stunting

Anggota DPR dari Dapil Jateng IX (Brebes, Kota Tegal dan Kab. Tegal), Nur Nadlifah saat menghadiri Program Gersagi di Brebes bersama Kader Fatayat NU -Istimewa-

Stunting - Anggota DPR-RI dapil Jateng IX (Brebes, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal), Nur Nadlifah mengapresiasi penghargaan yang diterima Kabupaten Brebes terkait keberhasilan penurunan stunting (gangguan pertumbuhan anak). 

Nadlifah menyebut keberhasilan tersebut sebagai hasil kerja semua pihak di Brebes yang selama ini berikhtiar menurunkan angka stunting. 

"Penghargaan tersebut milik semua orang di Brebes yang terus berkomitmen menekan angka stunting. Untuk masyarakat dan pemerintah yang sama-sama berjuang melawan stunting," ujar Nadlifah dalam keterangan tertulis, Kamis 21 September 2023.

Menurut Nadlifah, elemen masyarakat di Brebes memiliki inisiatif yang cukup tinggi dalam upaya menekan angka stunting. Misalnya Fatayat NU yang membangun program Gerakan Sadar Gizi atau lebih dikenal sebagai Gersagi.  

Bagi Nadlifah, inisiatif-inisiatif baik semacam ini yang ikut berkontribusi dalam penurunan angka stunting di Brebes. 

"Kita bersyukur elemen masyarakat sipil di Brebes seperti Fatayat NU ikut berjuang penuh dalam melawan stunting dengan membuat program Gersagi. Salah satunya dengan edukasi dan dukungan pemberian makanan yang bergizi dan bernutrisi. Lewat inisiatif-inisiatif dan partisipasi semacam ini, stunting bisa ditekan seoptimal mungkin," kata dia. 

BACA JUGA:

Meski demikian, Nadlifah mengingatkan masyarakat dan pemerintah kabupaten Brebes untuk tidak terus berpuas diri. Pasalnya, stunting masih menjadi ancaman yang besar bagi kondisi kesehatan masyarakat di Brebes. 

Nadlifah pun meminta semua elemen masyarakat terus meningkatkan inisiatif untuk melawan dan menekan angka stunting hingga capaian satu digit. 

Sebelumnya, Kabupaten Brebes terpilih sebagai Juara I daerah di Indonesia yang berhasil menurunkan angka stunting. Penghargaan bernama ECCNE Award tersebut diberikan langsung oleh Direktur Semaeo Refcon, Zainun Misbah secara daring pada Selasa (19/9) kemarin.   

Penjabat (Pj) Bupati Urip Sihabudin menyampaikan terimakasih kepada semua pihak atas dukungan dan keberhasilan Brebes meraih juara pertama dalam penurunan stunting. Pj Urip pun menyebut keberhasilan tersebut merupakan hasil kerja semua pihak. 

"Kita patut bersyukur, berkat partisipasi aktif seluruh masyarakat, dunia usaha, dan seluruh stakeholder, kita bisa mendapatkan penghargaan dalam upaya penurunan stunting," ujarnya. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: