Puan Maharani: AHY dan Ridwan Kamil Tidak Mungkin Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Puan Maharani: AHY dan Ridwan Kamil Tidak Mungkin Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) bersama Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kiri) dalam konferensi pers di Plataran Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (18/6/2023). ANTARA/Putu Indah Savitri--

Cawapres Ganjar - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani secara tegas mengatakan jika sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ridwan Kamil (RK) sudah tidak mungkin mendampingi Ganjar Pranowo. 

Hal tersebut disampaikan Puan Maharani setelah Partai Demokrat menyatakan dukungannya kepada Prabowo Subianto di Pilpres 2024.  

"Tadinya kan muncul nama Mas AHY, tapi karena Demokrat sudah memutuskan menentukan ke Pak Prabowo, ya, tentu saja sepertinya tak mungkin. Pak RK (Ridwan Kamil) juga, Golkar kan sudah dengan Pak Prabowo," ujar Puan ditemui di Ponpes Al Hamid, Jakarta, Senin 18 September 2023. 

Puan mengatakan terdapat sejumlah nama yang berpeluang mendampingi Ganjar Pranowo, seperti Erick Thohir, Sandiaga Uno, Andika Perkasa, dan Mahfud MD. 

Kendati demikian, pembahasan mengenai bakal calon wakil presiden masih sangat dinamis. 

PDIP beserta seluruh ketua umum partai koalisi akan segera menggelar rapat koordinasi terkait dinamika politik saat ini.

BACA JUGA:

"Ya dengan perubahan dinamika seperti ini, saya kira akan ada perubahan-perubahan lagi. Nanti kami akan segera melakukan rapat koordinasi dengan para ketum, dengan Ibu Mega, terkait perubahan dinamika," kata Puan.

Dia mengatakan PDIP beserta parpol koalisi masih memiliki waktu hingga sebulan ke depan untuk menetapkan siapa yang akan menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo.

"Masih lama pendaftarannya, masih sebulan. Semuanya berharap segera diputuskan, tapi tiap partai punya strateginya masing-masing," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Secara resmi Partai Demokrat menyatakan mendukung Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pernyataan dukungan Partai Demokrat ke Prabowo Subianto disampaikan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang didampingi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kediaman pribadi Prabowo, Hambalang, Jawa Barat, Minggu, 17 September 2023.

“Dalam sambutannya, Pak SBY menyatakan sebagai berikut: Partai Demokrat menyatakan dukungannya secara resmi kepada Prabowo Subianto sebagai capres (calon presiden) di Pilpres 2024,” kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi dilansir Antara, Minggu, 17 September 2023.

Viva Yoga bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan turut hadir dalam pertemuan antara Partai Demokrat, Prabowo Subianto, dan jajaran petinggi partai dari Koalisi Indonesia Maju di Hambalang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: