Survei Pilpres Terbaru Voxpopuli: Prabowo Unggul, Ganjar Kedua, Anies Naik Tipis

Survei Pilpres Terbaru Voxpopuli: Prabowo Unggul, Ganjar Kedua, Anies Naik Tipis

Hasil survei terbaru dari Voxpopuli Research Center.--

Survei Terbaru Voxpopuli- Elektabilitas bacapres Prabowo Subianto unggul telak dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam hasil survei yang dirilis oleh Voxpopuli Research Center.

Prabowo unggul dengan tingkap elektabilitas capai 26,2 persen, sementara bacapres Ganjar Pranowo di urutan ke dua dengan tingkat elektabilits 24,3 persen. 

Sementara Anies Baswedan masih bertahan di peringkat ke tiga dengan tingkat elektabilitas 16,1 persen. 

"Prabowo masih unggul dalam bursa Pilpres 2024, disusul oleh Ganjar yang mengalami rebound dan Anies naik tipis pada peringkat ketiga," kata Peneliti senior Voxpopuli Research Center Prijo Wasono, Jumat 15 September 2023.

Menurut Prijo, pertarungan sengit kini terfokus oleh Prabowo dan Ganjar. Pada awal tahun Ganjar masih memimpin, tetapi kemudian merosot hingga tersalip oleh Prabowo. 

Sejak itu Prabowo terus memimpin dengan tren kenaikan elektabilitas secara terus-menerus.

BACA JUGA:

"Menguatnya Prabowo diikuti dengan bergabungnya partai-partai Senayan yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yakni Partai Golkar dan PAN, melebur dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR)," ujar Prijo.

Meskipun diwarnai dengan keluarnya PKB, koalisi partai-partai pengusung Prabowo masih memiliki kekuatan yang terbesar jika menghitung perolehan kursi di parlemen. 

Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini juga ditopang oleh Partai Gerindra yang merupakan partai politik terbesar kedua.

Sedangkan Kubu Ganjar hanya didukung oleh dua partai parlemen, yaitu PDIP dan PPP, sedangkan sisanya partai-partai non-parlemen.

Peristiwa menarik terjadi di kubu Anies, di mana Demokrat memutuskan keluar dari Koalisi Perubahan.

"Masuknya PKB ke koalisi pengusung Anies dan deklarasi Muhaimin Iskandar sebagai cawapres Anies juga menimbulkan gesekan dengan PKS," ujarnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: