News

Survei Terbaru SMRC: Dukungan ke Anies Turun Drastis Usai Gandeng Cak Imin Cawapres

fin.co.id - 15/09/2023, 08:00 WIB

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Survei Terbaru SMRC - Pasangan Pilpres 2024 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) tidak begitu mendapatkan banyak dukungan yang siginifikan pascadeklarasi pada 2 September 2023 lalu. 

Pasangan AMIN dalam koalisi Perubahan ini hanya mendapatkan dukungan sebesar 16,5 persen dalam survei terbaru yang dirilis oleh Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). 

Padahal, sebelum deklarasi, Anies mendapat dukungan 20-an persen saat masih didukung oleh NasDem PKS dan Demokrat. 

"Sebelum berduet dengan Cak Imin, ketika Anies masih didukung oleh Nasdem, PKS, dan Demokrat suara Anies sekitar 20an persen, atau sama dengan perolehan suara tiga partai pendukungnya. Jika suara Anies-Muhaimin sekarang sekitar 16 persen, ini mencerminkan kekuatan dua partai" kata Saiful Mujani dilansir Jumat 15 September 2023.

Saiful Mujani menilai, hasil itu menunjukkan bahwa Anies tidak punya dukungan independen. Pendukungnya adalah pemilih partai pengusung. "Anies tidak membawa efek ekor jas" ujarnya.

BACA JUGA:

Saiful Mujani melanjutkan, dalam breakdown dukungan pemilih, pemilih Demokrat yang bertahan memilih Anies tinggal 22 persen. 

Artinya pergeseran dukungan pemilih Demokrat dari Anies berlangsung cepat.

Sementara Pemilih PKB yang memilih Anies baru 20 persen. "Artinya pemilih PKB belum otomatis bergerak mengikuti manuver elitnya. Dilihat dari sisi optimis, ini bisa karena mesin politik yang belum panas" tuturnya. 

Pasangan Ganjar-Ridwan Kamil Teratas

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Bakal Capres PDIP Ganjar Pranowo usai Rapat Konsolidasi Organisasi Internal Partai di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta, Senin (31/7/2023). --

Sementara itu, dalam simulasi pasangan Capres Cawapres, Pasangan Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil memperoleh dukungan teratas sebesar 35,4 persen. Disusul pasangan Prabowo Subianto dan Erick Thohir mendapat dukungan sebesar 31,7 persen. 

"Tentu saja pasangan Ganjar maupun Prabowo bisa berubah, tetapi setidaknya pasangan Anies-Muhaimin kemungkinan relatif stabil," kata Saiful Mujani. 

BACA JUGA:

Saiful Mujani mengatakan bahwa survei ini dilakukan pada 5 September 2023 setelah deklarasi Anies-Muhaimin pada 2 September 2023 dengan jumlah 1212 responden.

"Ini reaksi publik beberapa hari setelah deklarasi Anies-Muhaimin. Harapan bahwa suara pasangan ini akan meningkat pascadeklarasi belum terjadi. Kalau kita berpikir positif, mungkin karena mesin politiknya belum panas dan pemilih butuh waktu untuk antri masuk ke kotak Anies-Muhaimin," kata Saiful.

Admin
Penulis
-->