Demokrat Ngambek, PKS Konsisten Dukung Anies Baswedan

Demokrat Ngambek, PKS Konsisten Dukung Anies Baswedan

Anies Baswedan saat menghadiri acara olahraga DPD PKS di Kota Bekasi-Dokumen Istimewa-

PKS Konsisten Dukung Anies Baswedan- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) nyatakan tetap konsisten dukung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden dalam Pilpres 2024. 

PKS menyampakian hal terebut di tengah dinamika koalisi  antara Partai Demokrat dan NasDem. 

Demokrat menganggap Anies Baswedan dan NasDem khianati koalisi dengan memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai cawapresya Anies.

Ketua DPP PKS Bidang Politik dan Hukum Almuzammil Yusuf mengatakan, PKS tetap merujuk pada keputusan Musyawarah Majelis Syuro (MMS) VIII untuk mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. 

"Sampai hari ini kami tetap merujuk kepada keputusan Musyawarah Majelis Syuro (MMS) VIII bahwa PKS secara resmi mendukung dan mengusung Saudara Anies Rasyid Baswedan sebagai Calon Presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI tahun 2024," kata Almuzammil, lewat siaran pers, dikutip pada Jumat 1 September 2023. 

"Oleh karena itu, PKS tetap pada keputusan MMS VIII tersebut dan kami akan berjuang sebaik-baiknya dalam menjalankan amanat tersebut," katanya. 

Almuzammil mengatakan, PKS menghormati bahwa setiap partai politik memiliki hak dan kedaulatan dalam menentukan sikap politiknya. 

BACA JUGA:

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencari titik temu dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), namun belum memperoleh hasil yang diinginkan bersama. 

PKS juga teta berpegang kepada kesepakatan sebelumnya di dalam piagam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bahwa dalam penentuan Calon Wakil Presiden RI ditentukan oleh Calon Presiden RI Anies Rasyid Baswedan. 

Kami memohon doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia agar pemilu tahun 2024 mendatang berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dengan tetap menjaga persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia," tukasnya.

Kronologi Surya Paloh Pilih Cak Imin sebagai Cawapres Anies Baswedan


Pasangan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Anies Baswedan untuk kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024.--

Anies Baswedan telah diusung oleh Partai Nasdem sebagai Capres sejak 3 Oktober 2022. Kemudian pada 23 Januari 2023 partai Demokrat dan NasDem sepakat berkoalisi dan mengajak PKS..

Secara formal, Koalisi Perubahan untuk Persatuan diresmikan 14 Februari 2023 dengan penandatanganan piagam koalisi oleh ketiga ketua umum partai, yang berisi 6 butir. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: