Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari, Insomnia Wajib Tahu!

Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari, Insomnia Wajib Tahu!

Kualitas tidur yang baik meingkatkan kesehatan--freepik.com

Cara Mengatasi Susah Tidur - Penderita insomnia wajib tahu cara mengatasi susah tidur yang akan diulas dalam artikel ini. 

Cara mengatasi susah tidur bisa menjadi solusi bagi Anda yang sulit terlelap di malam hari, meski sudah mencoba berbaring di ranjang. 

Beberapa faktor seperti kebiasaan gaya hidup, pengobatan, atau kondisi rumah bisa menjadi alasan mengapa Anda susah tidur. 

Cara Mengatasi Susah Tidur

Jika Anda salah satu dari jutaan orang yang susah tidur di malam hari, inilah cara direkomendasikan para ahli untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

1. Lakukan hal yang membosankan

Jika Anda masih terjaga di malam hari karena susah tidur, cobalah bangun sebentar. Bangunlah dari tempat tidur dan lakukan sesuatu yang menenangkan yang mungkin membuat Anda mengantuk, seperti membaca atau memainkan permainan berulang seperti Sudoku.

BACA JUGA

Jaga agar lampu tetap redup dan kembali tidur setelah sekitar 30 menit (atau lebih cepat jika Anda mulai merasa mengantuk).

2. Hindari teknologi, seperti telepon, laptop, atau TV

Jangan terlalu banyak memainkan ponsel ketika waktu tidur Anda sudah dekat. Layar yang terang benderang dapat menyesatkan otak Anda dan berpikir sudah waktunya untuk bangun. 

Dan apa pun yang menstimulasi otak Anda, mulai dari percakapan teks hingga video game, juga dapat membuat tubuh susah Anda tertidur.

3. Lakukan pekerjaan rumah yang ringan

Kapan terakhir kali Anda mengepel lantai atau memungut barang-barang berantakan di sekitar rumah Anda? Selama Anda melakukannya dengan santai dan tidak mengeluarkan keringat, Anda mungkin akan cepat tertidur dalam waktu singkat.

4. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, ahli mengatakan Anda perlu memiliki lingkungan tidur yang tepat . 

Artinya memiliki tempat tidur yang nyaman, selimut dan bantal yang cukup, serta kamar tidur yang tenang, gelap, dan sejuk. 

BACA JUGA

Bersihkan area tidur Anda dan gunakan alat seperti penutup telinga, masker mata, atau benda lain untuk memutuskan kontak dengan lingkungan sekitar. 

5. Hindari Kafein dan Makanan Berat 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Anisa Suci

Tentang Penulis

Sumber: