Dua Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Segera Beroperasi, Saat ini Sedang Uji Laik Fungsi

Dua Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Segera Beroperasi, Saat ini Sedang Uji Laik Fungsi

Gerbang Tol Tebing Tinggi-Credit Image: Hutama Karya-

“Paling macet itu sekarang dari Tebing Tinggi ke Indrapura, saat ini paling cepat 2 jam, tapi nanti kalau jalan tol itu sudah jadi sampai ke Indrapura atau Kuala Tanjung, itu akan ditempuh kurang dari 1 jam,” ujarnya.

Sejumlah fasilitas kelengkapan struktur pada kedua jalan tol ini antara lain untuk Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi 1 Indrapura – Lima Puluh 1 junction, 1 pasang rest area, 1 interchange, dan 1 gerbang tol. Lalu untuk Jalan Tol Gate-to-Gate Tebing Tinggi – Indrapura 17 unit jembatan, 3 unit simpang susun, 2 unit overpass serta rest area tipe B.  

Untuk diketahui, penunjukan Hamawas untuk penugasan Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat sepanjang 103,5 km diatur dalam rangka untuk memberikan efisiensi waktu tempuh mobilitas logistik di Sumatera Utara dan juga membuka aksesibilitas menuju Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang ±1.021,5 km, termasuk dengan jalan tol dukungan konstruksi. Untuk ruas tol Konstruksi 411,5 km dan 610 km ruas tol Operasi. 

Adapun ruas yang telah beroperasi secara penuh diantaranya yakni Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (141 km), Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189 km), Tol Palembang – Indralaya (22 km), Tol Medan Binjai (17 km), Tol Pekanbaru – Dumai (132 km), Tol Sigli Banda Aceh Seksi 2–6 (50 km) serta Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (12 km), Tol Bengkulu – Taba Penanjung (18 km) dan Tol Pekanbaru – Bangkinang (31 km). (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: