Mahasiswa Protes Ribuan Ijazah UTM Tidak Terdaftar di Kemenristekdikti, Rektorat: Sedang Kami Urus

Mahasiswa Protes Ribuan Ijazah UTM Tidak Terdaftar di Kemenristekdikti, Rektorat: Sedang Kami Urus

--

Ijazah UTM Tidak Teradftar- Sekelompok mahasiswa berunjuk rasa pada Senin 21 Agustus lalu di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Kabupaten Bangkala, Madura, Jawa Timur. 

Mereka protes sebab ijazah ribuan para alumni tidak terdaftar di website Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Menanggapi itu, pihak UTM angkat bicara. Humas) UTM, Taufiqurrahman Hasbullah menyatakan pihaknya telah mengurus ijazah alumni di kampus itu yang tidak terdaftar. 

"Ada sebanyak 1.200 ijazah alumni UTM angkatan 2022 dan 2023 yang hingga kini tidak terdaftar di laman resmi Kemenristekdikti dan saat ini sedang kami urus," katanya dikutip Kamis 24 Agustus 2023.

BACA JUGA:

Sebelumnya, Juru bicara mahasiswa Robi Gunawan menyatakan, kasus itu terjadi, karena pihak kampus abai terhadap ketentuan Kemenristekdikti. 

Ketentuan itu sebagaimana tertuang pada Peraturan Nomor 59

Tahun 2018 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar dan Tata cara Penulisan gelar di Perguruan Tinggi.

"Ada kemungkinan pihak rektorat tidak memperhatikan ketentuan tentang penulisan nama sebagaimana pada Pasal 3 Permenristekdikti Nomor 59 Tahun 2018, sehingga ijazah alumni tidak tercantum di laman Kemenristekdikti," katanya.

Karena itu, ia dan mahasiswa lainnya meminta agar kasus tersebut segara diatasi, sehingga tidak meresahkan mahasiswa lain yang masih aktif kuliah di kampus itu.

BACA JUGA:

"Kami menjamin semua persoalan terkait ijazah segera bisa diatasi, karena kami telah melakukan perbaikan," kata Humas UTM Taufiqurrahman Hasbullah.

Ia juga menilai wajar unjuk rasa yang digelar mahasiswa UTM itu sebagai respon atas persoalan yang dihadapi para senior mereka.

"Yang perlu dipahami dan hal ini juga telah kami sampaikan saat kepada perwakilan pengunjuk rasa tadi, bahwa yang menjadi kendala, karena ada peraturan baru, sehingga mahasiswa yang diwisuda belum diunggah ke laman," demikian aufiqurrahman Hasbullah. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: