Profil KH Anwar Iskandar, Ketua Umum MUI Baru dan Daftar Lengkap Kepengurusan MUI

Profil KH Anwar Iskandar, Ketua Umum MUI Baru dan Daftar Lengkap Kepengurusan MUI

Ketua Umum MUI KH Anwar Iskandar--jatim.nu.or.id

KH Anwar Iskandar - Profil KH Anwar Iskandar yang ditetapkan sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang baru.

KH Anwar Iskandar menjabat sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar yang mengajukan pengunduran diri karena terpilih sebagai Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

KH Anwar Iskandar ditetapkan sebagai Ketua Umum MUI pada Rapat Pleno yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa, 15 Agustus 2023.

“Tadi sudah diputuskan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar,” ujar Wakil Ketua Umum MUI Buya Basri Bermanda, Selasa, 15 Agustus 2023.

Pleno memutuskan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI telah melalui proses yang panjang dan sesuai dengan mekanisme yang ada di MUI.

“Mekanismenya ada rapat pleno untuk memutuskan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar,” ujarnya.

BACA JUGA:

Berdasarkan ketetapan ini, KH Anwar Iskandar akan segera disahkan sebagai Ketum MUI melalui Rapat Paripurna yang nantinya dipimpin oleh KH Maruf Amin selaku Ketua Dewan Pertimbangan MUI. 

Wasekjen MUI Bidang Ekonomi Syariah dan Halal, KH Rofiqul Umam Ahmad menjelaskan, KH Anwar Iskandar akan meneruskan masa jabatan KH Miftachul Akhyar sampai Muyawarah Nasional (Munas) MUI 2025.

Berikut Profil KH Anwar Iskandar Ketum MUI Baru

KH Anwar Iskandar lahir pada 24 April 1950 di Berasan, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur. 

KH Anwar Iskandar merupakan pengasuh Pesantren Mambaul Ulum, Muncar, Banyuwangi, dan pengasuh Pesantren Al-Amien Kota Kediri.

Ulama asal Banyuwangi itu pernah menimba ilmu di Ponpes Mambaul Ulum, Ponpes Lirboyo Kediri, Pondok Al-Falah Sarang Rembang, Minggen Demak, dan Ilmu Falak di Jember.

BACA JUGA:

Pada tahun 1970, dia telah menyelesaikan program sarjana lengkap di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan mengambil Fakultas Adab Jurusan Sastra Arab.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: