Anwar Abbas Sebut Kasus Al-Zaytun Hanya Pengalihan Isu, Tidak Sampai ke Pengadilan

Anwar Abbas Sebut Kasus Al-Zaytun Hanya Pengalihan Isu, Tidak Sampai ke Pengadilan

Waketum MUI Anwar Abbas-Dok Humas MUI-

Anwar Abbas Sebut Kasus Al-Zaytun Hanya Pengalihan Isu, Tidak Sampai ke Pengadilan

Wakil Ketua MUI Anwar Abbas menduga kasus penyimpangan agama di Pondok Pesantren Al-Zaytun hanya sandiwara. 

Anwar Abbad menilai, kontroversi Pimpinan Al-Zaytun Panji Gumilang hanyalah pengalihan isu. 

"Ini hanya sebuah sandiwara, di mana sang sutradaranya lewat kasus Panji Gumilang ini sedang berusaha untuk mengalihkan perhatian rakyat dari masalah-masalah besar yang sedang menimpa dan melanda negeri ini," kata Anwar Abbas lewat keterangan tertulis, dikutip Sabtu 1 Juli 2023.

BACA JUGA:

Menurut Anwar Abbas, Panji Gumilang hanya dijadikan sebagai bahan pengalihan isu oleh pihak-pihak tertentu yang sedang berkuasa. 

"Karena kalau perhatian masyarakat luas tidak dialihkan maka banyak pihak tentu akan terseret ke dalam kasus yang ada sehingga nama-nama mereka akan muncul dan menjadi perbincangan publik," kata Anwar. 

Anwar mengatakan, skenario kontroversi Panji Gumilang ini berhasil memicu kemarahan umat Islam, sehingga sejumlah permasalahan di negeri ini dilupakan. 

"Sehingga akhirnya perhatian rakyat tidak lagi tertuju kepada kasus-kasus yang ada tapi sudah beralih dan kesedot kepada kasus Panji Gumilang dan Al-Zaytun," ujar Ketua PP Muhammadiyah ini.

BACA JUGA:

Anwar mengatakan, itu hanya dugaannya saja. Sebab dia berkaca pada kejadian-kejadian masa lalu di rezim Orde Baru. 

"Tapi itu sifatnya adalah dugaan dan penilaian yang bukan tidak berdasar karena sebagai warga bangsa berdasarkan pengalaman historis dan politis di masa lalu cara-cara seperti ini juga sudah sering dilakukan oleh pihak pemerintah sebelumnya termasuk di zaman Orde Baru," ujarnya.

Anwar pun yakin jika Panji Gumilang tidak sampai diproses hukum. Dia menilai kasus tersebut akan hilang begitu saja. 

"Oleh karena itu berdasarkan kepada pengalaman masa lalu tersebut kita yakin kasus Panji Gumilang ini tidak akan sampai dibawa ke pengadilan. Dia hanya akan berhenti begitu saja di tengah jalan dengan berlalunya waktu, tapi benarkah demikian? Dugaan ini tentu belum bisa terbukti dan dibuktikan," kata Anwar.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: