Karyawan PT KAI Teroris, DPR: Erick Thohir Harus Serius Tangani Radikalisme BUMN, Jangan Terlena Pilpres 2024

Karyawan PT KAI Teroris, DPR: Erick Thohir Harus Serius Tangani Radikalisme BUMN, Jangan Terlena Pilpres 2024

Tersangka teroris Dananjaya alias Abu Nibras, karyawan PT KAI -fin/islah bahrawi-Twitter

Karyawan PT KAI Teroris - Menteri BUMN Erick Thohir diingatkan agar memperhatikan benih-benih radikalisme atau teroris di tubuh BUMN dan jangan terlena dengan hiruk pikuk Pilpres 2024.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi VI DPR Achmad Baidowi (Awiek) terkait karyawan BUMN PT KAI yang ditangkap Tim Densus 88 Antiteror Polri di Bekasi karena terafiliasi dengan ISIS.

Dikatakan Awiek Kementerian BUMN harus mengambil langkah preventif dan pembinaan terhadap jajarannya agar tidak terpapar radikalisme.

"Atas dasar hal ini, harus menjadi perhatian bagi Kementerian BUMN untuk melakukan langkah preventif dan pembinaan terhadap jajaran pegawai BUMN, agar tidak terpapar radikalisme yang mengarah pada tindakan terorisme," katanya dalam keterangannya, Selasa, 15 Agustus 2023.

Dengan adanya dugaan keterlibatan pegawai BUMN dalam tindak pidana terorisme tersebut, membuka kesadaran bahwa aksi terorisme yang mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) masih ada.

"Bahwa aksi terorisme bisa memapar di lingkungan instansi milik Pemerintah yang seharusnya menjadi terdepan dalam membantu memerangi terorisme," tambahnya.

BACA JUGA:

Bahkan, dengan ditangkapnya pegawai PT KAI berinisial DE tersebut seakan mengonfirmasi temuan sebuah lembaga beberapa waktu lalu bahwa tak sedikit pegawai di lingkungan BUMN terpapar radikalisme.

"Program deradikalisasi di lingkungan BUMN tidak berjalan maksimal," tegasnya.

Oleh karena itu, dia mengingatkan agar Menteri BUMN Erick Thohir harus lebih serius dalam memerhatikan persoalan menyangkut radikalisme di lingkungannya yang dapat menjadi cikal bakal tindak terorisme.

"Jangan sampai lingkungan BUMN dicap menjadi salah satu sarang tumbuhnya benih-benih terorisme. Jangan sampai ikut terlena dengan hiruk-pikuk politik menjelang 2024," kata Awiek.

Sebelumnya, Senin (14/8), Juru Bicara Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri Kombes Pol. Aswin Siregar membenarkan bahwa DE, tersangka dugaan tindak pidana teroris yang ditangkap di Bekasi Utara, merupakan pegawai BUMN di PT KAI.

"Benar (DE karyawan BUMN PT KAI)," kata Aswin di Jakarta, Senin.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: