Kasus Suap DJKA, Komisaris PT Suryo Benton Precast Bantah Keterangan Saksi di Pengadilan

 Kasus Suap DJKA, Komisaris PT Suryo Benton Precast  Bantah Keterangan Saksi di Pengadilan

Pengusaha Muhammad Suryo diperiksa sebagai saksi secara daring dalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Kamis (3/8/2023). -I.C. Senjaya-ANTARA

Komisaris PT Suryo Benton Precast - Komisaris PT Suryo Benton Precast Muhammad Suryo menjadi saksi dalam kasus suap pejabat Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Muhammad Suryo diperiksa sebagai saksi secara daring di Pengadilan Tipikor Semarang, Kamis, 3 Agustus 2023.

Muhammad Suryo dimintai keterangannya sebagai saksi dalam sidang dengan terdakwa Direktur PT Istana Putra Agung Dion Renato Sugiarto.

Dalam kesaksiannya, Muhammad Suryo membatah semua keterangan saksi-saksi dalam kasus dugaan suap pejabat DJKA.

Suryo membantah ikut dalam lelang pekerjaan proyek pembangunan jalur ganda kereta api Solo Balapan-Kadipiro-Kalioso (JGSS 6) dengan menggunakan bendera PT Calista.

"Tidak pernah ikut," katanya dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Gatot Sarwadi tersebut.

BACA JUGA:

Keterangan Suryo tersebut bertolak belakang dengan kesaksian Kepala Balai Teknis Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah Putu Sumarjaya dan pejabat pembuat komitmen Bernard Hasibuan yang menyatakan pekerjaan proyek JGSS 6 akan diberikan kepada saksi.

Saksi Suryo juga membantah mengenal Bernard Hasibuan meski sempat menjenguk tersangka kasus suap pejabat DJKA itu di tahanan usai ditangkap KPK.

"Saya menjenguk ke tahanan karena prihatin dengan kasus yang dihadapi," tambahnya.

Suryo juga membantah menerima uang sebesar Rp9,5 miliar yang disebut sebagai sleeping fee atas proyek JGSS 6 yang akhirnya dimenangkan oleh terdakwa Dion.

Menurut dia, uang yang ditransfer dalam beberapa tahap oleh Dion ke rekening istrinya, Anis Syarifah, itu berkaitan dengan masalah jual beli rumah miliknya dengan seseorang yang bernama Wahyudi Kurniawan.

Selanjutnya, Suryo juga membantah telah membocorkan informasi tentang ada rencana operasi tangkap tangan oleh KPK yang berkaitan dengan proyek-proyek di DJKA.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: