Survei Polmatrix Sebut Jokowi Dukung Prabowo Subianto: dari Petugas Partai Kini Jadi Kingmaker

Survei Polmatrix Sebut Jokowi Dukung Prabowo Subianto: dari Petugas Partai Kini Jadi Kingmaker

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir mencoba kendaraan taktis Maung 4x4 -ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto-

Survei Polmatrix Indonesia menyebut, elektabilitas Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto melejit naik ungguli Bacapres PDIP Ganjar Pranowo akibat hubungannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Survei Polmatrix Indonesia tempatkan elektabilitas Prabowo Subianto mencapai 28,4 persen, sedangkan Ganjar Pranowo 23,5 persen dan Anies Baswedan 14,7 persen. 

Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto menilai, menguatnya Prabowo tidak bisa dilepaskan dari peta konstelasi politik. 

Dendik menilai, saat ini hubungan Presiden Jokowi merenggang dengan PDIP sebagai partai yang pernah membesarkannya sejak awal menjabat Wali Kota di Surakarta.

“Jokowi yang selama ini disebut sebagai petugas partai kini telah menjelma menjadi kekuatan politik tersendiri dan memposisikannya sebagai kingmaker,” katanya.

BACA JUGA:

Menurut dia, pada titik tertentu terjadi perbedaan kepentingan antara Jokowi dengan PDIP yang selama ini mengusungnya. 

Berbekal keberhasilan selama memimpin di Solo dan DKI Jakarta, Jokowi tampil sebagai pemimpin nasional dengan sejumlah terobosan.

Adapun fokus Jokowi dalam membangun infrastruktur telah meletakkan fondasi yang kokoh untuk tekad Indonesia menjadi negara maju. 

Meskipun didera dengan pandemi COVID-19 dan guncangan geopolitik internasional, visi memajukan Indonesia tidak bisa dilepaskan dari sosok Jokowi.

BACA JUGA:

"Jokowi melangkah lebih jauh lagi dengan menggulirkan pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur," tambah dia.

Bagi Jokowi, sambung Dendik, pembangunan yang terlalu terpusat di Pulau Jawa harus disebarkan ke daerah-daerah. 

Visi Indonesia Sentris dimulai dengan membangun ibu kota baru yang berada di tengah-tengah wilayah, sekaligus mengurangi beban Jakarta yang sudah sangat berat. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: