Penyebab Set Top Box Matrix Tidak Berfungsi, Sudah Tahu?

Penyebab Set Top Box Matrix Tidak Berfungsi, Sudah Tahu?

Set Top Box (STB) mengubah TV Anaog menjadi Digital--www.istockphoto.com

Set Top Box - Set top box Matrix yang tidak berfungsi tentu membuat pengguna menjadi khawatir. Tapi jangan panik, karena masih ada cara untuk memperbaikinya.

Set Top Box Matrix ialah perangkat yang digunakan untuk mengakses berbagai layanan televisi kabel. Perangakat ini diluncurkan oleh perusahaan Apple yang memberikan fitur modern dan canggih. 

Dibanderol mulai dari Rp 190.000-an, set top box Matrix menjadi satu merek paling populer di masyarakat. Adapun beberapa fitur unggulan STB, yaitu bisa digunakan untuk menonton YouTube, menampilkan tampilan ponsel ke TV dengan dongle WiFi, dan menyajikan gambar Full HD yang tajam.

Kenapa Set Top Box Tidak Berfungsi?

Sayangnya, set top box Matrix-nya tidak berfungsi secara baik mengganggu aktivitas pengguna saat menonton TV. Untuk itu perlu diketahui alasan dan cara memperbaiki set top box yang rusak. 

1. Koneksi Internet Buruk

Set top box Matrix yang tidak berfungsi bukan berarti tanda STB tersebut rusak. Cobalah untuk mengecek koneksi internet dirumah Anda terlebih dahulu.

Terkadang pengguna mengeluhkan STB tidak bisa digunakan untuk membuka internet seperti youtube, netflix dan google, padahal sudah terhubung internet. Hal tersebut mungkin disebabkan oleh jaringan wifi yang tak stabil.

Selain itu, periksa juga sambungan dongle wifi. Apakah sudah terkoneksi dengan benar atau belum. Bisa jadi sambungan dongle wifi rusak sehingga menganggu jalannya STB.

2. Remote Set Top Box Matrix Rusak

Jika koneksi internet baik-baik saja. Maka cobalah untuk mengecek remot STB Anda. Set top box yang tidak berfungsi bisa jadi karena remotnya rusak atau baterai tidak tersambung dengan benar. 

Terkadang baterai remot STB matrix  longgar lantaran jatuh dan terbentur benda keras. Sebaiknya Anda segera mengganti baterai remot STB jika masih belum menyala.

3. Ada Problem di Power Set Top Box 

Alasan lain mengapa set top box Matrix tidak berfungsi adalah adanya problem di bagian power set top. Yang Anda bisa lakukan yaitu mencoba soft reset dengan menahan tombol power selama 15 detik sampai stb menyala seperti semula.

Namun, apabila setop box Matrix belum berfungsi juga, cabutlah kabel power set top box beberapa detik lalu hubungkan kdmbali. Tak lupa pastikan kabel power tersebut terhubung dengan benar. 

Demikian penyebab set top box Matrix tidak berfungsi saat dinyalakan. Jika STB Anda masih bermasalah, alternatif terakhir yang bisa dicoba ialah melakukan reset ke pengaturan pabrik. .

Dengan begitu, pengaturan pada set top box akan dikembalikan seperti saat pertama kali digunakan. Kekurangan dari cara ini adalah semua file yang tersimpan akan terhapus.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Anisa Suci

Tentang Penulis

Sumber: