Cak Imin Masuk Daftar 5 Cawapres Ganjar Pranowo, Begini Respon PKB

Cak Imin Masuk Daftar 5 Cawapres Ganjar Pranowo, Begini Respon PKB

Puan Maharani dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (Twitter)--

Cak Imin Cawapres Ganjar Pranowo - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin masuk dalam daftar 5 calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo.

Merespon hal tersebut Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan masuknya Cak Imin sebagai salah satu dari lima cawapres untuk Ganjar Pranowo membuat partainya "meleleh".

Dikatakannya, PKB merasa tersanjung karena dilirik PDI Perjuangan yang merupakan satu-satunya partai politik pemilik tiket tunggal mengusung pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024.

"Ketika PDIP menyebut nama Gus Muhaimin, tentu bagi PKB ini kalau bahasa keren kita meleleh ini karena kan partai pemenang punya golden ticket, kemudian memasukkan nama Gus Muhaimin, meleleh kita," katanya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 25 Juli 2023.

Untuk itu, Jazilul menyampaikan terima kasih kepada Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani yang telah memasukkan nama Cak Imin sebagai salah satu dari lima nama pendamping Ganjar Pranowo.

"Jadi alhamdulillah terima kasih kepada Mbak Puan," ucapnya.

BACA JUGA:

Meski demikian, dia menekankan bahwa saat ini PKB telah menjalin kerja sama politik bersama Partai Gerindra dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Tapi PKB harus sadar diri, tahu diri, mengukur diri karena hari ini PKB masih berkoalisi dengan Gerindra, dan harus memenuhi amanah yang ada dalam piagam koalisi," ujarnya.

Terkait rencana pertemuan Cak Imin dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang belum terealisasi, dia menyebut bahwa PKB berada pada posisi menunggu bola panas dari PDIP.

"PKB ini posisinya tahu diri lah, kalau misalkan Bu Megawati ada waktu mengundang Pak Muhaimin atau menyiapkan waktu, tentu Pak Muhaimin dan PKB merasa terhormat," katanya.

Dia lantas berkata, "Pak Muhaimin cari waktu untuk sungkem lah kalau memang dibuka pintunya".

Menurut dia, belum terealisasinya pertemuan pimpinan PKB dengan PDIP lantaran tiap gerak dalam situasi politik membutuhkan perhitungan. Meski di sisi lain, dia tak menampik bahwa hubungan antara PKB dan PDIP terjalin sangat dekat.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: