PKB Siap Tinggalkan Gerindra dan Gabung ke PDIP Asal Cak Imin Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

PKB Siap Tinggalkan Gerindra dan Gabung ke PDIP Asal Cak Imin Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyampaikan pidato politik di perayaan hari lahir (Harlah) ke-25 PKB di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (23/7/2023). --DPP PKB

PKB Gabung ke PDIP - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menyebut, ada kemungkinan PKB pindah koalisi.

Yakni, dari sebelumnya koalisi dengan Partai Gerindra pindah koalisi ke PDI Perjuangan.

Dengan syarat Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo.

"Ya, dengan syarat di atas (menjadi bakal cawapres). Logikanya begitu (pindah koalisi)," kata Jazilul, Senin 24 Juli 2023.

Jazilul menegaskan bahwa PKB hanya akan berkoalisi dengan partai politik (parpol) yang bersedia memajukan Cak Imin dalam kontestasi Pilpres 2024.

"PKB hanya akan berkoalisi dan melanjutkan koalisi dengan partai apa pun dengan syarat Gus Imin menjadi bacapres atau bacawapres. Itulah yang jadi syarat untuk berjuang bersama PKB," ujarnya.

BACA JUGA:

Luhut Binsar Pandjaitan Respons Wacana Jadi Ketua Umum Partai Golkar

Surya Paloh Tak Hadiri Undangan Harlah ke-25 PKB, Muhaimin Iskandar: Kok Gak Berani Datang?

Namun, lanjut dia, Cak Imin sejauh ini masih mengupayakan hal tersebut di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Partai Gerindra.

"Gus Imin sedang menuntaskan takdirnya bersama Pak Prabowo yang sudah menjalani kerja sama selama 11 bulan. Ya, kami cuma berusaha maksimal sebab kami tidak dapat menentukan jalannya takdir," tuturnya.

Menurut dia, pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani yang menyebut Cak Imin masuk sebagai salah satu dari lima nama sebagai bakal cawapres untuk Ganjar Pranowo juga merupakan suatu angin segar.

"Saya yakin pernyataan Mbak Puan tidak PHP (pemberi harapan palsu), ini angin segar, kami hormati dan apresiasi," kata dia.

Sebelumnya, Minggu (23/7), Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut sudah ada lima nama sebagai bakal calon wakil presiden untuk Ganjar Pranowo.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: