Sandiaga Uno Sepakat dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto Tapi Tidak dengan Anies Baswedan Soal IKN

Sandiaga Uno Sepakat dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto Tapi Tidak dengan Anies Baswedan Soal IKN

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno memberi keterangan kepada awak media di rumah mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2023). -ANTARA/Putu Indah Savitri-

Sandiaga Setuju IKN Nusantara - Menparekraf Sandiaga Uno mengaku mendukung kelanjutan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Bang Sandi Uno taat terhadap konstitusi. Pembangunan Ibu Kota Negara sudah menjadi amanat undang-undang. Beliau pun sampai sekarang terus bekerja keras membantu proyek IKN sesuai kapasitas beliau sebagai Menparekraf," kata Juru bicara Sandiaga Uno Bidang Politik Denny H. Suryo Prabowo, Sabtu 22 Juli 2023.

Hal tersebut disampaikan Denny menanggapi adanya perbedaan antara dua bakal calon presiden (capres) yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Ganjar menyebut sudah sepatutnya proyek IKN dilanjutkan mengingat pembangunan ibu kota negara baru telah diatur dalam Undang-Undang. 

Hal senada disampaikan oleh Prabowo Subianto yang juga merupakan bakal calon presiden.

Sementara Anies Baswedan menyatakan kelanjutan proyek IKN harus dikaji lagi secara matang, termasuk mempertimbangkan proyek itu dengan pandangan ilmu pengetahuan, data, dan fakta di lapangan. 

BACA JUGA:

Bila ternyata setelah dikaji hasilnya baik, menurut Anies, maka bisa saja diteruskan, sebaliknya jika hasilnya kurang baik, maka proyek IKN disebut tidak perlu diteruskan.

Adapun pembangunan IKN tertuang dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. 

Beleid ini tegas mengatur semua tahapan proses pembangunan dan pemindahan Ibu Kota Nusantara, yang memakan waktu tidak sebentar. 

Setidaknya, ada lima tahap pembangunan IKN sampai tahun 2045.

"Yang pasti, Bang Sandi Uno selalu optimis dengan pembangunan IKN Nusantara, beliau yakin perpindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur tidak akan berpengaruh secara substansial dan fundamental terhadap perekonomian di Jakarta," ujar Denny.

Denny mengungkapkan optimisme Sandiaga juga didukung oleh sejumlah data. 

Sandiaga pernah mencontohkan beberapa negara yang berpindah ibu kota negara namun tak berpengaruh signifikan terhadap perekonomiannya, seperti Amerika Serikat yang memindahkan pusat pemerintahannya dari New York ke Washington D.C.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: