Apa Itu Saham dan Bagaimana Cara Kerjanya? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Apa Itu Saham dan Bagaimana Cara Kerjanya? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Saham, Ilustrasi oleh Ahmad Ardity dari Pixabay--

Apa Itu Saham - Saham adalah sekuritas yang mewakili kepemilikan dalam suatu perusahaan. Ketika Anda membeli saham, pada dasarnya Anda membeli bagian dari perusahaan. 

Semakin banyak saham perusahaan yang Anda miliki, semakin besar saham kepemilikan Anda di perusahaan tersebut.

Saham dibeli dan dijual di bursa efek. Bursa saham paling terkenal di dunia adalah New York Stock Exchange (NYSE) dan Nasdaq. 

Saat Anda membeli atau menjual saham, Anda membeli atau menjual saham kepemilikan di sebuah perusahaan.

Bagaimana Cara Kerja Saham?

Ketika sebuah perusahaan go public, ia menjual sahamnya kepada publik. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan uang untuk mendanai operasinya. 

Harga suatu saham ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Jika lebih banyak orang ingin membeli saham daripada menjualnya, maka harga saham tersebut akan naik. Jika lebih banyak orang ingin menjual saham daripada membelinya, harga saham tersebut akan turun.

BACA JUGA:

Harga saham dapat berfluktuasi secara liar dari waktu ke waktu. Hal ini karena nilai suatu perusahaan dapat berubah berdasarkan berbagai faktor, seperti kinerja keuangan perusahaan, kondisi ekonomi, dan sentimen investor.

Jenis Saham

Ada dua jenis utama saham: saham biasa dan saham preferen.

Saham biasa adalah jenis saham yang paling umum. Ini memberi pemegang saham hak untuk memilih masalah perusahaan dan menerima dividen, jika perusahaan memutuskan untuk membayarnya.

Saham preferen memberi pemegang saham prioritas klaim yang lebih tinggi atas aset dan pendapatan perusahaan daripada pemegang saham biasa. 

Pemegang saham preferen juga biasanya menerima dividen yang jumlahnya tetap, sedangkan dividen pemegang saham biasa dapat bervariasi tergantung pada pendapatan perusahaan.

Cara Berinvestasi Saham

Ada beberapa cara berbeda untuk berinvestasi di saham. Anda bisa membeli saham langsung melalui broker, atau Anda bisa berinvestasi di reksa dana atau dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang menyimpan saham.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: