Sidang Kasus Mario Dandy Satriyo, Saksi Dokter: David Tiba di Rumah Sakit dalam Keadaan Koma

Sidang Kasus Mario Dandy Satriyo, Saksi Dokter: David Tiba di Rumah Sakit dalam Keadaan Koma

Tersangka Mario Dandy Satriyo (20) memasuki ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (6/6/2023). ANTARA/Luthfia Miranda Putri--

Sidang Kasus Mario Dandy Satriyo - Sidang kasus penganiayaan berat dengan terdakwa Mario Dandy Satriyo kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN)  Jakarta Selatan, Kamis, 20 Juli 2023.

Sidang Mario Dandy Satriyo dalam kasus penganiayaan terhadap David Ozora ini menghadirkan saksi dokter Rumah Sakit (RS) Mayapada.

Dokter Yeremia Tatang dalam kesaksiannya di hadapan hakim mengatakan David Ozora (17) tiba di RS Mayapada pada Rabu, 22 Februari 2023. 

Diungkapkannya David tiba di RS Mayapada dalam keadaan koma. Berdasarkan pengukuran "glasgow coma scale" (GCS) menunjukkan angka 3.

"Angka tersebut menunjukkan bahwa respons tubuh David dalam keadaan terendah," katanya di PN  Jakarta Selatan, Kamis, 20 Juli 2023.​​​​​​​

​​​​​​​GCS untuk mengukur tiga aspek, yakni kemampuan membuka mata, kemampuan bicara dan gerakan tubuh. 

BACA JUGA:

"Dari ketiga aspek itu, David masing-masing mendapat poin 1. Sehingga jumlah GCS keseluruhan 3," katanya.

Tatang juga menyampaikan pihaknya sudah memberikan rangsangan kepada David saat berada di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Namun, tidak membuahkan hasil apapun.

"Kita sudah rangsang dengan sangat hebat sekali, tidak ada respon," kata Tatang.

Dia menjelaskan, nilai GCS yang tertinggi atau GCS normal adalah 15, yaitu E4V5M6. Sedangkan yang terendah adalah 3, yaitu E1V1M1.

Beberapa kondisi yang membuat seseorang menurun tingkat kesadarannya, seperti stroke, stroke ringan, cidera kepala, pendarahan otak dan lain-lain.

Sebelumnya, Dokter Yeremia Tatang yang menangani David Ozora (17), korban penganiayaan oleh Mario Dandy Satriyo (20) menjelaskan korban mengalami luka di saraf otak yang bersifat permanen.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: