4.791 Pendaftar PPDB Jawa Barat 2023 Curang

4.791 Pendaftar PPDB Jawa Barat 2023 Curang

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)-ist-

4.791 Pendaftar PPDB Jawa Barat Curang - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengatakan sebanyak 4.791 pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2023 tingkat SMK/SMA dan SLB berbuat curang.

Akibatnya 4.791 pendaftar PPDB Jawa Barat 2023 ditolak pendaftarannya.

"Jadi ada 4.791 yang mendaftar dengan cara-cara ilegal seperti KK, domisili, yang disiasati, sudah kita batalkan," katanya di Kota Bandung, Senin, 17 juli 2023.

Menurutnya hal tersebut menjadi pelajaran berharga pada pendaftar dan juga panitia.

"Sebanyak itu yang kira-kira kita batalkan untuk memberikan pelajaran bahwa semua harus sesuai dan ikuti pada peraturan yang kita laksanakan," katanya.

Dijelaskannya, pihaknya melalui Dinas Pendidikan Jawa Barat telah menindaklanjuti laporan mengenai kecurangan-kecurangan yang terjadi dalam pendaftaran PPDB 2023.

BACA JUGA:

"Ini terstruktur, ada tim pengaduan, dan kita sudah membatalkan," kata dia.

Kang Emil, begitu biasa disapa, mengatakan pembatalan pendaftaran peserta PPDB yang dinilai berbuat curang dilakukan guna membuat jera calon peserta didik maupun orang tua calon peserta didik yang mencoba menggunakan cara ilegal untuk masuk ke sekolah negeri pilihan.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Wahyu Mijaya menyampaikan bahwa penolakan pendaftar PPDB antara lain dilakukan karena masalah data dalam dokumen kependudukan, nilai rapor, maupun bukti prestasi.

"Itu bisa jadi karena nilai rapor, bisa juga karena program penanganan kemiskinan, kemudian dokumen prestasi tidak sesuai. Jadi ada beberapa penyebab yang mengakibatkan kita menolak sebanyak 4.791 (pendaftar) untuk tidak lanjut dalam proses PPDB kemarin," kata Wahyu.

Pendaftar PPDB yang ditolak, ia mengatakan, bisa masuk ke sekolah yang lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pelaksanaan PPDB Tahun 2023 tingkat sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan sekolah luar biasa (SLB) di Provinsi Jawa Barat telah rampung dan dilanjutkan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: