Viral SMAN 1 Kota Bekasi Diduga Melakukan Kecurangan PPDB Online, Ini yang Dilakukan Plt Walikota Tri Adhianto

Viral SMAN 1 Kota Bekasi Diduga Melakukan Kecurangan PPDB Online, Ini yang Dilakukan Plt Walikota Tri Adhianto

Plt walikota Bekasi Tri Adhianto saat mendatangi SMAN 1 Kota Bekasi-Dokumen Istimewa-

PPDB Online, Bekasi - Viral adanya video di media sosial, diduga telah terjadi kecurangan proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online diduga SMAN 1 Kota Bekasi. 

Merespon hal itu Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Bekasi Tri Adhianto bersama Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Dhany Aryanda, melaksanakan Sidak ke SMA Negeri 1 Kota Bekasi. 

Dalam sidak, Tri Adhianto menemukan adanya perpindahan domisili siswa dari rumah orang tuanya ke rumah saudaranya yang masuk dalam area zonasi sekolah. 

"Jadi tadi pas kita singkronkan terkait zonasi sekolah dan domisili siswa, memang didapati ada beberapa anak yang domisilinya tuh pindah dari rumah yang lama pindah ke zona tersebut," 

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi berencana melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait banyaknya calon siswa yang melakukan pindah domisili. 

"Secara aturan dari dukcapil, selama yang punya rumah tersebut tidak keberatan untuk dijadikan tempat tinggal, hal tersebut sah-sah saja, yang perlu kita pertanyakan kenapa yang punya rumah gak keberatan, dan RT nya pun mau tandatangan keterangan domisili, ini yang akan kita selidiki lebih lanjut," 

BACA JUGA :

Tri Adhianto menjelaskan, dari hasil sidak di SMAN 1 Kota Bekasi perlu dilakukan penyempurnaan dari beberapa sistem PPDB Online terutama sistem zonasi. 

"Jadi hal tersebut akan kita tindak lanjuti, dan akan kita up ke KCD Korwil 3, yang kemudian kita up juga ke Kemendikbud, yang dimana diperlukan adanya penyempurnaan sistem demi kenyamanan bersama," 

Usai dilakukan sidak, Tri Adhianto bertahap masyarakat Kota Bekasi tidak terprovokasi dan tetap menjaga kondusifitas di wilayah masing-masing. 

Terkait temuan yang didapat dari hasil sidak di SMAN 1 Kota Bekasi, pihaknya akan melapor kepada Kemendikbud agar dapat menjadi evaluasi PPDB kedepannya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: