Windi Evi

Windi Evi

Disway dan Windy Nugroho owner Pacific international Beauty Institute--

"Di Unesa".

"Disertasi Anda tentang apa?"

"Teknologi pendidikan," jawab Windy.

Windy, kini 77 tahun, membuat disertasi berdasar apa yang dia lakukan. Dia menemukan teknologi pendidikan untuk perawatan kulit wajah. Maka disertasi doktornya mengenai "Pengembangan paket program e-modul dalam penerapan konsultasi dan analisis kulit wajah".

Disertasi itu dipertahankan Selasa siang hari ini. Saya tidak menyangka Windy bermetamorfosis. Dari bisnis spa menjadi ilmuwan. Dari Windy yang moon face berkembang ke dunia ilmiah. 

Windy menyelesaikan S-1 di Universitas Negeri Jakarta. S-2 nya di Unitomo Surabaya. Dia lulusan SMA Santa Maria Malang yang ikut jejak mamanyi: di dunia kecantikan.

Ternyata Windy sudah lama beralih dari spa ke pendidikan kecantikan. Khususnya kulit wajah. Padahal spa-nyi dulu sangat terkenal: Pacific. 

Rupanya spa itu sudah diserahkan ke anak-anaknyi. 

Windy lantas mengembangkan PIBI (Pacific International Beauty Institute). Bekerja sama dengan lembaga serupa di Zurich dan London.

Ketika Covid datang Windy kesulitan membuka kelas kecantikan. Maka dia buka kelas zoom. Laris. Dia pun menemukan banyak peluang di pendidikan jarak jauh itu. 

Maka Windy menciptakan modul elektronik untuk pendidikan kecantikan.

Meski secara online, Windy tetap bisa menerapkan pendidikan meka kognitif. Itulah keunggulan teknologi modul yang dia buat.

Windy membagi pendidikan kecantikan itu menjadi lima tingkat. Dia tidak membuka kelas untuk tingkat satu. Paling rendah tingkat 2. Sampai tingkat 5. Dia tidak punya kelas untuk sampai tingkat 6 dan 7. Peminatnya sangat terbatas. 

"Rias wisuda itu tingkat 2. Rias pengantin itu tingkat 3," ujar Windy. Untuk tingkat 5 siswa Windy dari berbagai negara. "Ini untungnya online. Saya punya siswa sampai Karibia," ujar Windy. 

Windy punya modul lengkap untuk semua tingkatan tadi. E-modul. Termasuk sistem ujiannya. "Waktu ujian siswa harus pakai dua kamera," katanya. Kamera depan untuk melihat wajah peserta ujian. Kamera samping untuk melihat apakah benar siswa itu sendiri yang mengerjakan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber:

Berita Terkait

Inisial B

1 minggu

Masa Depan

1 minggu