Pecinta Anabul Wajib Tahu! Kenapa Kucing Tidak Mau Makan dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pecinta Anabul Wajib Tahu! Kenapa Kucing Tidak Mau Makan dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Kucing Lucu oleh Kari Shea dari Pixabay--

Secara umum, kucing akan menunjukkan gelagat seperti diare, muntah atau kehilangan nafsu makan lainnya.

10. Hasrat sedang tinggi

Ketika kucing tidak mau makan akan terjadi dalam fase birahi. Umumnya, kucing birahi tidak mau makan karena fase tersebut kucing mudah tertekan dan penurunan nafsu makan. Kondisi ini akan semakin parah jika kucing tidak mempunyai pasangan kawin.


Ilustrasi - Kucing Persia Long Hair-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan?

Mengatasi kucing tidak mau makan dapat dilakukan setelah mengetahui penyebab mereka kehilangan nafsu makan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi kucing tidak mau makan, yaitu :

1. Perhatikan bahan makanan kucing

Anda bisa melihat apakah ada perubahan bahan makanan atau formula untuk kucing selama di konsumsi ini. Perubahan itu bisa mempengaruhi rasa makanan kucing. 

Biasanya informasi tersebut ada di kemasan sebagai “rasa baru dan lebih baik”. Anda juga menyarankan untuk memberikan vitamin B12 kepada kucing. Vitamin ini digunakan untuk kucing yang mengalami masalah pencernaan.

Vitamin ini juga dijual bebas dalam bentuk berbagai formula atau suntikan yang diberikan oleh dokter hewan. Vitamin tersebut sebagai vitamin yang larut dalam air dan tidak berbahaya serta berpotensi meningkatkan nafsu makan kucing. 

Dengan seperti itu, langkah paling aman saat melihat kucing tidak mau makan adalah dengan segera membawanya ke dokter hewan.

BACA JUGA:Perbedaan Lipstik dan Lip Cream, Mana yang Lebih Bagus Dipakai Seharian?

2. Eksperimen kucing

Anda juga bisa bereksperimen dengan memilih tekstur, rasa atau bentuk makanan yang berbeda untuk makanan kucing di rumah lho.Dengan begitu, dapat membuat makanan kucing dari bahan-bahan segar. Bisa jadi, kucing peliharaan Anda lebih menyukai bahan-bahan yang segar dari resep yang dibuat di rumah.

3. Makanan  

Sesuaikan makanan basah untuk membujuk kucing agar mau makan kembali. Cobalah memanaskan makanan kucing atau tuna basah dingin selama beberapa detik di dalam microwave. 

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan makanan anak kucing kalengan, ayam kalengan atau tuna kalengan untuk merangsang nafsu makan hewan peliharaan, ya.

4. Diuap 

Apabila penyakit pernapasan bagian atas telah menyebabkan kucing sesak dan tidak dapat mencium bau makanannya, maka bantu kucing tersebut untuk membersihkan saluran hidungnya. 

Bawalah kucing ke kamar mandi yang beruap atau jika bisa, taruh larutan garam di lubang hidungnya. Proses ini mampu memecah kotoran hidung dan membantu kucing Anda bernapas dengan mudah sehingga bisa mencium bau makanannya lagi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: