Pecinta Anabul Wajib Tahu! Kenapa Kucing Tidak Mau Makan dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pecinta Anabul Wajib Tahu! Kenapa Kucing Tidak Mau Makan dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Kucing Lucu oleh Kari Shea dari Pixabay--

Kenapa Kucing Tidak Mau Makan - Anda para pecinta anak berbulu (Anabul), pasti pernah dibuat pusing dengan tingkah kucing kita saat ia tidak mau makan. 

Biasanya, kucing tidak mau makan diikuti dengan perilaku lainnya, seperti tidak bersemangat dan ceria. Jika itu benar terjadi, sebaiknya Anda waspada. 

Anda harus segera melakukan penanganan cepat, atau bersiap untuk konsultasi kepada dokter hewan. Semakin cepat Anda menangani masalah itu, maka resiko kehilangan Anabul semakin rendah. 

Anda perlu tahu, beberapa hal yang menyebabkan kucing kehilangan nafsu makan. Kami akan mengulasnya mendalam pada artikel ini, silahkan disimak hingga tuntas ya. 

BACA JUGA:Mau Jualan di TikTok? Ini 3 Kategori Produk Paling Laris

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 10 penyebab kucing tidak mau makan:

1. Sakit  

Kehilangan nafsu makan merupakan salah satu indikator utama bahwa ada sesuatu yang salah. Maka dapat dipastikan untuk memperhatikan jika kucing tiba-tiba mogok makan. 

Ada beberapa penyebab lain dengan kondisi yang berbeda seperti infeksi, pankreatitis, gagal ginjal, masalah usus maupun kanker. Namun, penyakit yang tidak serius juga bisa membuat kucing tidak mau makan, salah satunya sakit gigi.

2. Keresahan atau masalah psikologis

Apabila dokter telah menentukan bahwa kucing tidak sakit secara fisik, depresi atau kecemasan bisa menjadi alasan kucing untuk tidak mau makan. Perubahan kondisi rumah atau keluarga juga dapat mengganggu kucing yang sensitif.

Terkadang, orang baru atau perubahan jadwal yang sudah dikenal dapat mempengaruhi kesejahteraan emosional kucing atau kucing juga bisa jadi pemakan yang rewel atau menjadi pemilih terhadap makanan.

Perlu diingat ya bahwa secara umum kucing membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan jenis makanan baru. Jadi, perubahan pola makan baru-baru ini bisa menjadi salah satu penyebab kucing tidak mau makan.

BACA JUGA:Manfaat Serum Garnier Bright Complete Vitamin C 30x Booster Serum, Samarkan Noda Hitam Sejak Tiga Hari!

3. Perubahan atau perjalanan rutinitas

Seperti banyak orang, hewan juga membutuhkan suatu adaptasi. Jadi, perubahan rutinitas dapat mengakibatkan kucing stress hingga hilangnya nafsu makan. 

Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa beberapa hewan akan mengalami mabuk perjalanan saat bepergian dengan pesawat atau mobil. Hal ini dapat menyebabkan kucing mual atau muntah, sehingga kucing tidak mau makan.

4. Vaksinasi  

Apakah Anda menyadari kucing tidak mau makan setelah vaksinasi rutin? Jika begitu, mungkin ini alasan kucing tidak mau makan karena reaksi negatif terhadap suntikan. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: