Profil Desmond Mahesa, Politikus Gerindra yang Meninggal Hari Ini, Pernah jadi Korban Penculikan Aktivis 1998

Profil Desmond Mahesa, Politikus Gerindra yang Meninggal Hari Ini, Pernah jadi Korban Penculikan Aktivis 1998

Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Desmond J Mahesa-Desmond Junaidi Mahesa-instagram

Selama pendidikan, ia kuliah di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin. Di kampus Desmond mengikuti Senat Mahasiswa Perguran Tinggi (SMPT), Himpunan Mahasiswa Islam (HIPMI), dan kelompok Studi Islam  (KSI).

Setelah hijrah ke Pulau Jawa, Junaidi bekerja di Lembaga bantuan Hukum (LBH) Nusantara, Bandung (1996) dan Jakarta (1998) sebagai Direktur. 

Namanya mulai dikenal publik sejak menjadi salah satu korban penculikan aktivis pro demokrasi pada tahun 1997/1998. Saat itu dirinya tercatat sebagai salah satu aktivis dan mahasiswa yang berjuang menegakkan keadilan dan demokrasi pada masa pemerintahan Orde Baru yang dipimpin Soeharto.

Desmond terjun ke politik dengan masuk ke partai Gerindra dan menjadi anggota DPR RI tiga periode sejak 2009 sampai sekarang.

Tahun ini, ia menjabat sebagai wakil keuata komisi III DPR RI. Pada Pemilu 2019, dia menjadi anggota DPR mewakili daerah pemilihan (dapli) Banten II yang mengantongi 103.837 suara dan menjadi Juara Dapil pada Pemilu Legislatif 2019.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: