News

Gantikan Ayah yang Meninggal Dunia, Jemaah Haji Muda Asal Tanggerang Masih Kuliah di Brawijaya

fin.co.id - 19/05/2024, 12:47 WIB

Muhammad Fawwaz Aydin (20), jemaah calon haji muda yang menggantikan sang ayah.

FIN.CO.ID - Muhammad Fawwaz Aydin (20), merasa bahagia sekaligus sedih ketika hendak berangkat menunaikan ibadah haji 2024. Fawwaz berangkat haji menggantikan ayahnya yang batal berangkat ke Tanah Suci karena meninggal dunia pada 2021 silam.

Fawwaz merupakan jemaah calon haji asal Tangerang. Dia merupakan jemaah calon haji kloter 20 gelombang 1 yang akan berangkat ke Tanah Suci pada Senin 20 Mei 2024 pukul 07.00 WIB dari Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

BACA JUGA:

"Saya menggantikan ayah yang meninggal 2021 lalu," ujarnya saat ditemui FIN.CO.ID dari Disway Group di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu 19 Mei 2024.

Di usianya yang masih muda, Fawwaz mengaku sudah siap menjalankan ibadah haji karena sudah dibekali pengetahuan dari sang ibu. Karena, kata dia, ibunya sudah pernah umrah.

"Kebetulan ibu saya sudah umrah, jadi minta masukan seperti apa, lalu juga kemarin sudah ikut manasik haji, jadi insya Allah lancar," ujarnya.

Fawwaz bercerita, ia diminta sang ibu untuk menggantikan sang ayah yang sudah mendaftar haji sejak tahun 2013. Namun, tak berkata lain, sang ayah dipanggil yang maha kuasa sebelum melaksanakan ibadah haji.

"Ibu yang minta saya gantiin, saya sendiri masih kuliah saat ini di Brawijaya jurusan Teknik, jadi sudah minta dispensasi dari kampus," tuturnya.

Untuk persiapan, Fawwaz hanya membawa barang-barang pendukung ibadah haji selama di Tanah Suci nanti. "Barang bawa yang dibutuhkan saja, sama bawa abon kayaknya ya. Soalnya saya suka abon," kata Fawwaz.

Sebagai informasi pada tahun ini Kementerian Agama akan memberangkatkan 241.000 jemaah calon haji. Adapun pemberangkatan jemaah calon haji asal Indonesia gelombang pertama mulai 12-23 Mei 2024.

Sementara, jemaah haji gelombang kedua akan diberangkatkan dari tanah air menuju King Abdul Azis International Airport (KAAIA) di Jeddah mulai 21 Mei-10 Juni 2024.

BACA JUGA:

(Sabrina Hutajulu)

Mihardi
Penulis
-->