Berlaku Mulai 1 Juni 2023, Ini Jadwal KRL Commuter Line Jabodetabek

Berlaku Mulai 1 Juni 2023, Ini Jadwal KRL Commuter Line Jabodetabek

Sejumlah penumpang KRL berjalan di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (13/2/2023). Manajemen PT KAI Commuter Indonesia (KCI) menambah sebanyak 31 pengumpan (feeder) sebagai antisipasi kepadatan penumpang transit di Stasiun Manggarai terutama pada jam sibuk--

Berlaku Mulai 1 Juni 2023, Ini Jadwal KRL Commuter Line Jabodetabek - Jadwal Kereta Rel Listrik (KRL) atau Kereta Commuter Indonesia (KCI) berubah mulai 1 Juni 2023.

Tidak cuma KRL dan Commuter Line, tapi kereta Bandara Soekarno Hatta juga mengalami perubahan.

VP Corporate Secretary Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter Erni Sylviane Purba mengatakan ada penyesuaian jadwal dan perjalanan Commuter Line atau KRL dan Kereta Bandara Soekarno-Hatta yang dimulai Kamis, 1 Juni 2023. 

Menurutnya perubahan jadwal Commuter Line atau KRL dan Kereta Bandara karena berlakunya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 yang baru.

BACA JUGA:

"Gapeka 2023 yang efektif per 1 Juni ini dipengaruhi dengan pengembangan prasarana yang dilakukan pemerintah melalui Kemenhub juga modernisasi dari persinyalan seperti di lintas Rangkas. Jadi ada beberapa lintas yang sudah bisa memperkecil headwaynya," katanya, pada Senin 29 Mei 2023.

Dijelaskannya, dalam Gapeka 2023, KCI menambah frekuensi perjalanan di lintas pelayanan yang ramai pengguna.

Selain itu juga menambah kecepatan perjalanan KRL. 

Diungkapkannya, penambahan frekuensi perjalanan dilakukan di lintas-lintas pelayanan Commuter Line atau KRL pada jam sibuk yaitu pagi maupun sore.

BACA JUGA:

Commuter Line Bogor

Dia mencontohkan, pada lintas Commuter Line Bogor, mulai 1 Juni 2023, KAI Commuter akan mengoperasikan 420 perjalanan dengan 41 rangkaian. 

Sedangkan untuk perjalanan lintas Depok-Manggarai/Jakarta Kota pada jam sibuk pagi pukul 04.00-08.00 akan ditambah 2 perjalanan sehingga menjadi 50 perjalanan. 

Headway atau jarak waktu antara kedatangan dan keberangkatan kereta berubah menjadi setiap 5 menit.

Sedangkan untuk lintas Jakarta Kota-Nambo/Bogor pada jam sibuk sore pukul 15.00-20.00 akan ditambah 1 perjalanan 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: