Curhat Penumpang KRL Commuterline Soal Perubahan Rute Bekasi-Jakarta

Curhat Penumpang KRL Commuterline Soal Perubahan Rute Bekasi-Jakarta

Ilustrasi KRL.-KAI-

BEKASI, FIN.CO.ID - Rencana Switcy Over (SO) Ke-5 di Stasiun Manggarai Jakarta berdampak pada rute perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL).

 

Salah satunya perjalanan KRL Commuterline rute Cikarang dan Bekasi menuju Jakarta Kota, dipastikan akan mengalami perubahan mulai 28 Mei 2022.

 

Penumpang KRL yang berangkat dari stasiun Cikarang dan Bekasi nantinya tidak bisa langsung mengarah ke Stasiun Jakarta Kota dan harus melakukan transit terlebih dahulu mengganti kereta di Stasiun Manggarai.

 

(BACA JUGA:KRL Commuter Line Sementara Kembali Gunakan Tiket Kertas)

 

Rencana perubahan tersebut ternyata mendapat banyak keluhan dari banyak penumpang KRL yang setiap hari selalu berangkat dari Stasiun Cikarang atau Bekasi.

 

Salah satu warga Kota Bekasi yang menjadi penumpang KRL bernama Denny (26) sangat mengeluhkan adanya perubahan rute tersebut, perubahan itu di khawatirkan dapat membuat penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai.

 

"Nanti itu jadi agak ribet ya, karena enggak sedikit warga Bekasi yang kerja naik KRL. Kalau semua yang menuju arah Jakarta Kota, nanti jadi penuh di Stasiun Manggarai," ucap Denny saat ditemui fin.co.id di Stasiun Bekasi, Rabu 25 Mei 2022.

 

(BACA JUGA:Tambah Personil, KAI Commuter Antisipasi Kepadatan Pengguna KRL)

 

Selain itu Denny juga mengungkapkan dengan perubahan tersebut, membuatnya harus berangkat kerja lebih awal. Sebab waktu perjalanan jadi lebih panjang.

 

"Saya ini kerja di Mangga Besar, kalau harus transit di Manggarai, berarti saya harus berangkat lebih awal lagi, jadi harus menyesuaikan jadwal lagi, itu juga yang jadi keluhan saya," ungkapnya.

 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Anissa (24), menurutnya dengan adanya perubahan jalur tersebut justru membuat para pekerja kesulitan.

 

Tidak hanya jam keberangkatan yang akan berubah, dikhawatirkan akan adanya kepadatan penumpang di gerbong kereta selama perjalanan.

 

"Penumpang dari arah Bekasi itu selalu banyak, apalagi di jam jam kerja, kalau sudah begini, yang ada keadaan di dalam gerbong malah justru semakin padat dan berdesakan," jelasnya.

 

Sebelumnya Vice President (VP) Corporate Communication Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, rute perjalanan Commuterline Bekasi - Cikarang menuju Jakarta Kota nantinya akan mengalami perubahan mulai tanggal 28 Mei 2022.

 

Anne menjelaskan, bahwa pelaksanaan SO Ke-5 itu membuat perjalanan KRL lintas Cikarang dan Bekasi dibagi menjadi dalam dua skema operasi.

 

"Dua skema yakni rull racket (looping) dan half racket," kata Anne dalam keterangannya, Minggu lalu.

 

Jalur KRL Commuterline dari wilayah Stasiun Cikarang atau Bekasi dengan tujuan Jakarta Kota akan ditidakan, maka penumpang menuju Stasiun Jakarta Kota Harus Transit di Stasiun Manggarai.

 

Untuk rute KRL Commuterline Cikarang Bekasi akan diubah menjadi tujuan Stasiun Tanah Abang, Stasiun Pasar Senen dan Staisun Jatinegara.

 

Berikut dibawah ini merupakan perubahan rute KRL Commuterline Cikarang atau Bekasi ke wilayah Jakarta per tanggal 28 Mei 2022 nanti.

 

Full racket (looping):

• Cikarang/Bekasi-Jatinegara-Manggarai-Kampung Bandan-Pasar Senen-Jatinegara-Bekasi/Cikarang

• Cikarang/Bekasi-Jatinegara-Pasar Senen-Kampung Bandan-Manggarai-Jatinegara-Bekasi/Cikarang

 

Half racket:

• Cikarang/Bekasi-Jatinegara-Manggarai-Tanah Abang-Kampung Bandan (PP)

• Cikarang/Bekasi-Jatinegara-Manggarai-Tanah Abang-Angke (PP)

 

Tuahta Simanjuntak

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: