Pecinta Anabul Wajib Tahu! Penyebab Bulu Kucing Rontok, Bisa Karena Penyakit atau Hanya Alergi Makanan

Pecinta Anabul Wajib Tahu! Penyebab Bulu Kucing Rontok, Bisa Karena Penyakit atau Hanya Alergi Makanan

Ilustrasi - Kucing Persia Long Hair-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

Penyebab Bulu Kucing Rontok - Pecinta anabul (anak bulu) pasti pernah mengalaminya, bulu kucing rontok dan membuat kalian repot. 

Akibat bulu kucing rontok, seisi rumah menjadi kotor, mulai dari karpet, sofa, hingga kipas angin dan AC yang penuh dengan bulu. 

Sebetulnya bulu rontok pada kucing merupakan hal yang wajar, namun jika rontoknya terus menerus dan semakin banyak, maka harus dicari tahu penyebabnya, karena bisa jadi itu merupakan pertanda adanya masalah kesehatan yang serius.

Apa Sebutannya, Bulu Kucing atau Rambut Kucing?

Apa sih bedanya bulu dan rambut? biasanya memang kita menggunakan istilah “bulu” untuk kucing dibanding “rambut”, tapi sebenarnya “bulu” merupakan kata jamak dari “rambut”, jadi sekumpulan “rambut” ya disebut “bulu”. 

BACA JUGA:

Namun apapun istilah yang dipakai, dokter hewan pasti akan mengerti kok apa yang dimaksud.

Sama dengan manusia tiap-tiap kucing (tergantung jenis ras) memiliki tipe rambut yang berbeda-beda, ada yang panjang, pendek, tebal, lurus, keriting, dan jumlah lapisannya juga tidak sama. Lapisan bulu ini berfungsi untuk melindungi tubuh kucing dari suhu udara.

Nah, kalau “kumis” kucing atau istilah dalam bahasa inggris disebut whiskers/vibrissae merupakan beberapa helai rambut yang tumbuh di area muka seperti di atas bibir, pipi, dagu di atas mata, dan yang belum banyak diketahui sebenarnya “kumis” ini juga ada di bagian belakang kaki depan kucing. 

“Kumis” ini berfungsi sebagai “antena” atau sensor, supaya kucing bisa peka terhadap lingkungan sekitarnya. Makanya jangan sekali-kali mencukur “kumis” kucing, karena sebetulnya “kumis” ini memiliki fungsi yang cukup penting.

BACA JUGA:

Kenapa Bulu Kucing Rontok?

Bulu atau rambut rontok sebenarnya merupakan proses alami dari tubuh untuk menyingkirkan rambut mati dan mengeluarkan minyak dari kulit. 

Terkadang rambut mati ini tidak bisa lepas secara alami, makanya harus dibantu dengan cara disisir atau disikat, sebab bila tidak, akan menyebabkan iritasi kulit.

Dalam setahun biasanya kucing akan mengalami dua kali siklus dimana bulu akan rontok hebat kemudian tumbuh lagi. 

Di negara empat musim siklus bulu rontok ini terjadi saat musim semi dan gugur, di musim semi untuk melepaskan bulu musim dingin yang tebal sedangkan di musim gugur untuk menyiapkan bulu agar tumbuh lebat saat musim dingin berikutnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: