Berapa Biaya dan Apa Saja Persyaratan Cerai 2023, Cek di Sini!

Berapa Biaya dan Apa Saja Persyaratan Cerai 2023, Cek di Sini!

Ilustrasi perceraian pasangan. (pixabay)--

Persyaratan cerai 2023 - Artikel ini akan membahas persyaratan cerai 2023, lengkap hingga biaya yang harus disiapkan untuk mengurus cerai. 

Pasangan suami istri yang sudah tak bisa mempertahankan rumah tangganya lagi biasanya memilih jalur terakhir yaitu perceraian.

Namun, jangan pernah berpikir proses cerai itu mudah untuk dilakukan. 

Sebenarnya, proses untuk bercerai tak semudah yang dipikirkan. Ada beberapa hal dan persyaratan yang harus menjadi perhatian. 

BACA JUGA:

Ada banyak prosedur yang harus diikuti dan dijalani untuk mengurus perceraian di Pengadilan Agama.

Beberapa di antara cara mengurus surat  cerai, penggugat harus menyiapkan syarat-syarat yang diperlukan serta  biaya.

Di Indonesia, perceraian dapat dilakukan melalui jalur peradilan atau jalur non-litigasi.

Jalur peradilan meliputi proses perceraian melalui pengadilan agama atau pengadilan umum, sementara jalur non-litigasi meliputi proses perceraian melalui mediasi atau konsultasi hukum.

BACA JUGA:

Sistem perceraian di Indonesia berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, yang mengatur tentang prosedur perceraian, alasan yang dapat digunakan untuk memperoleh perceraian, serta akibat hukum dari perceraian.

Dalam Undang-Undang tersebut, perceraian hanya dapat diajukan oleh salah satu pasangan yang mengalami masalah dalam pernikahan.

Perceraian di Indonesia cenderung meningkat dari tahun ke tahun, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti perubahan sosial, ekonomi, dan budaya. 

Perubahan sosial yang terjadi di Indonesia, seperti perkembangan teknologi dan globalisasi, menyebabkan perubahan dalam pola hidup masyarakat, yang pada akhirnya dapat menyebabkan perpecahan dalam rumah tangga.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: