Waduh! Bawaslu Kulon Progo Temukan Ratusan Pemilih Beralamat RT 000 RW 000

Waduh! Bawaslu Kulon Progo Temukan Ratusan Pemilih Beralamat RT 000 RW 000

Ilustrasi data pemilih pada pemilihan umum. (ist)--

Waduh! Bawaslu Kulon Progo Temukan Ratusan Pemilih Beralamat RT 000 RW 000

Bawaslu Kulon Progo, Yogyakarta menemukan 542 nama pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang beralamat RT 000 maupun RW 000.

Ketua Bawaslu Kulon Progo Ria Harlinawati mengatakan, berdasarkan hasil pencermatan, alamat RT/RW 000 itu tersebar di 12 kapanewon/kecamatan.

"Setelah daftar pemilih sementara (DPS) diumumkan, kami melakukan pencermatan. Hasil pencermatan tersebut, salah satunya ditemukan 542 nama yang beralamat RT/RW 000 tersebar di 12 kapanewon/kecamatan," kata Ria Harlinawati, Jumat 19 Mei 2023.

Ia mengatakan atas temuan tersebut, Bawaslu Kulon Progo sudah menyampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo untuk dilakukan pencermatan ulang.

BACA JUGA:Waduh! Bawaslu Temukan Ribuan Pemilih Berada di RT 000 di Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Menurutnya, Bawaslu Kulon Progo telah meminta panitia pengawas kecamatan (panwascam) untuk menyampaikan hasil temuan tersebut ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk kemudian ditindaklanjuti. 

"Informasi terakhir yang saya terima, masih sekitar 200-an nama yang RT/RW beralamat 000," katanya.

Menurut dia, temuan pemilih beralamat RT/RW 000 disebabkan beberapa hal, seperti saat proses pencocokan dan penelitian (coklit) ada beberapa kesalahan dalam mengunggah data atau warga tidak bisa ditemui saat itu sehingga tidak ada kartu tanda penduduk (KTP) yang bisa dijadikan rujukan data.

Selain itu, Bawaslu Kulon Progo telah melakukan pencermatan data ganda dan semua proses pemutakhiran daftar pemilih sehingga dipastikan seluruh tahapan yang dilakukan KPU dan jajarannya sesuai prosedur.

BACA JUGA:Anies Provokasi Pemilih Ganjar dan Prabowo Lewat Pidato Politik

"Kami memastikan data pemilih yang disusun KPU menjadi daftar pemilih yang akurat. Harapannya pemilih yang sudah masuk daftar pemilih tetap (DPT) sudah valid," katanya.

Terpisah, Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kulon Progo Yayan Mulyana membenarkan adanya nama-nama yang beralamat RT/RW 000.

KPU Kulon Progo tengah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kulon Progo untuk validasi data.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: