Waduh! Bawaslu Temukan Ratusan Pemilih Ganda Masuk Daftar Pemilih Sementara

Waduh! Bawaslu Temukan Ratusan Pemilih Ganda Masuk Daftar Pemilih Sementara

Ilustrasi daftar pemilih. (ist)--

Ratusan Pemilih Ganda Masuk Daftar Pemilih Sementara - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palembang, Sumatera Selatan menemukan sebanyak 471 pemilih ganda masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS).

Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Palembang Eva Yuliana mengatakan, Bawaslu melakukan pengawasan dengan pencermatan data potensi ganda di 18 kecamatan.

Yakni dalam rangka untuk memastikan tahapan pemuktahiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu Tahun 2024 Bawaslu Kota Palembang. 

"Jajaran Bawaslu Kota Palembang pada saat melakukan pencermatan menemukan potensi ganda dalam kecamatan sejumlah 471 pemilih ganda, orang yang meninggal dunia sebanyak 61 orang, di bawah umur sebanyak 140 orang, warga yang tidak termasuk DPS sebanyak 41 orang, sebanyak 1.714 yang pemilih RT/RW nya kosong," katanya.

BACA JUGA:Hasil Investigasi Kasus Bagi Bagi Amplop PDI Perjuangan di Madura, Ini Penjelasan Bawaslu

Oleh sebab itu, Bawaslu Kota Palembang telah melakukan koordinasi menyampaikan terkait potensi kegandaan ini ke KPU Kota Palembang untuk dilakukan pencermatan kembali.

“Hasil temuan tersebut akan kami sampaikan ke KPU sehingga pada saat penyusunan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) dapat lebih akurat lagi,” ujarnya.

Eva mengatakan bahwa masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan atas DPS yang telah diumumkan pada tanggal 12 April sampai dengan 2 Mei 2023.

“Masyarakat dapat melaporkan kepada Bawaslu Kota Palembang dan jajarannya jika ditemukan adanya ketidaksesuaian data pada DPS,” kata dia.

BACA JUGA:Bawaslu Temukan 20 Ribu TNI Polri, Orang Meninggal dan Anak Masuk Daftar Pemilih Pemilu 2024

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Sumatera Selatan menetapkan pemilih Pemilu 2024 sebanyak 1.233.140 jiwa.

Komisioner KPU Kota Palembang Divisi Perencanaan Data dan Informasi Munawwaroh merincikan jumlah DPS Pemilu 2024 Kota Palembang itu sebanyak 1.233.140 jiwa yang terdiri atas pemilih laki-laki 604.788 jiwa dan pemilih perempuan 628.352 jiwa.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: