NasDem Garut Sawer Uang Setelah Daftar Caleg, Alasannya Tradisi dan Kesenian Raja Dogar

NasDem Garut Sawer Uang Setelah Daftar Caleg, Alasannya Tradisi dan Kesenian Raja Dogar

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Garut Diah Kurniasari membagi-bagikan uang sambil naik dodombaan usai mendaftarkan bakal calon legislatif di Kantor KPU Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (11/5/2023). -(ANTARA/Feri Purnama)-

"Jika Bawaslu memerlukan klarifikasi, kami DPD Nasdem Kabupaten Garut siap untuk memberikan klarifikasi, dan siap mengikuti prosesnya jika memang ada pelanggaran yang ditemukan," kata Kokon.

BACA JUGA:Ahmad Dhani dan Melly Goeslaw Jadi Caleg DPR RI Partai Gerindra

Ia mengungkapkan alasan melakukan sawer uang itu sebagai bentuk apresiasi dan kebersamaan dengan para bacaleg dan kader yang ikut daftar ke KPU Garut.

Saat datang ke KPU Garut, kata dia, ada rombongan dari bacaleg yang membawa kesenian tradisional Raja Dogar, kemudian terjadi aksi sawer seperti kegiatan kesenian pada umumnya.

"Dalam kesenian tradisional Raja Dogar, kegiatan saweran sudah menjadi tradisi, sama halnya sering terjadi pada kesenian Sisingaan," katanya.

Ia menambahkan saat aksi sawer uang juga tujuannya untuk kader dan bacaleg, sementara pihak luar tidak ada, selain itu tidak ada ajakan untuk memilih atau ajakan lainnya.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Blak-blakan Soal Atalia Praratya Nyaleg dari Partai Golkar

"Saat ini juga belum masuk masa kampanye, jadi menurut kami tidak ada aturan yang dilanggar, terlebih itu bagian dari kemeriahan kesenian tradisional Raja Dogar," katanya.

Sebelumnya, aksi sawer lembaran uang nominal puluhan ribu rupiah itu dilakukan oleh tiga orang usai melaksanakan pendaftaran bacaleg di Kantor KPU Garut, Kamis (11/5).

Termasuk Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Garut juga sebagai istri Bupati Garut Diah Kurniasari ikut membagi-bagikan uang sambil naik dodombaan.

Sawerannya itu langsung disambut antusias oleh sejumlah pendukung yang hadir maupun masyarakat dan juga sejumlah orang lainnya ikut berebutan mengambil uang yang disawernya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: