Grace Tahir Diperiksa KPK Soal Penggunaan Uang Rafael Alun yang Berasal dari Berbagai Pihak

Grace Tahir Diperiksa KPK Soal Penggunaan Uang Rafael Alun yang Berasal dari Berbagai Pihak

irektur Mayapada Hospital Grace Dewi Riady atau Grace Tahir (kiri) berjalan meninggalkan Gedung Merah Putih KPK usai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Kamis (11/5/2023).-Antara Foto/Aditya Pradana Putra-

Grace Tahir Diperiksa KPK - Direktur Mayapada Hospital Grace Dewi Riady atau Grace Tahir diperiksa KPK terkait aliran dana dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) oleh mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo (RAT).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, pemeriksaan Grace Tahir oleh KPK ini terkait penggunaan uang Rafael Alun dari berbagai pihak. 

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait adanya dugaan penggunaan uang RAT (Rafael Alun) yang berasal dari berbagai pihak," kata Ali Fikri, Jumat 1 Mei 2023. 

Selain Grace Tahir yang diperiksa KPK, ada dua orang saksi yang juga diperiksa penyidik KPK terkait dugaan aliran dana Rafael Alun tersebut.

BACA JUGA:KPK Selidiki Aliran Dana Rafael Alun ke Direktur Mayapada Hospital Grace Tahir

Yakni dua pihak swasta Albertus Katu dan Timothy William.

Grace Tahir telah diperiksa penyidik pada Kamis (11/5). Grace tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, pukul 10.04 WIB dan selesai diperiksa pukul 13.27 WIB.

Namun, Grace enggan berkomentar kepada awak media saat dikonfirmasi soal pemeriksaannya maupun hubungannya dengan tersangka Rafael Alun Trisambodo.

Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur mengungkapkan alasan pemanggilan Grace Tahir sebagai saksi adalah bagian dari pengembangan penyidikan kasus RAT.

BACA JUGA:Jadi Tersangka TPPU, Rafael Alun Bakal Dimiskinkan

Asep mengatakan tim penyidik KPK menemukan nama Grace Tahir dalam pengembangan penyidikan kasus RAT dan pihaknya akan memanggil semua pihak yang dianggap mempunyai informasi yang relevan untuk dimintai keterangan.

"Iya, seperti tadi GT (Grace Tahir), kita menemukan nama itu dalam proses penyidikan, kemudian klarifikasi, kita panggil sebagai saksi, kita cross check apakah ada hubungannya dengan saudara RAT (Rafael Alun Trisambodo), kemudian apakah betul ada aliran dana dan lain-lain," ujarnya.

Lebih lanjut Asep juga menegaskan Grace Tahir saat ini hanya sebatas saksi dalam kasus Rafael Alun Trisambodo.

Meski demikian Asep enggan berkomentar lebih lanjut mengenai apakah ada aliran dana atau barang, maupun transaksi antara Grace Tahir dan Rafael Alun Trisambodo.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: