Airlangga Ungkap Hasil Pertemuan Tertutupnya dengan SBY

Airlangga Ungkap Hasil Pertemuan Tertutupnya dengan SBY

Pertemuan pimpinan Partai Demokrat dengan Pimpinan Partai Golkar di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/4/2023). -M Fikri Setiawan-ANTARA

Airlangga Ungkap Hasil Pertemuan Tertutupnya dengan SBY - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkap hasil pertemuannya dengan Presiden Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor.

Pertemuan yang dilangsungkan secara tertutup tersebut salah satunya membahas soal politik identitas pada Pemilu 2024. 

Airlangga juga menyebut ada peluang antara Golkar dan Partai Demokrat untuk berjalan bersama.

Dikatakannya, Golkar dan Partai Demokrat (PD) sepakat bahwa konsep Pemilihan Umum (pemilu) bukan the winner take it all atau yang menang mengambil segalanya.

BACA JUGA:

"Ke depan, Partai Golkar dan Demokrat sepakat bahwa Pemilu itu bukan the winner take it all, tapi kami ingin Indonesia raya," katanya di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 29 April 2023 malam.

Dikatakan Airlangga, konsep the winner take it all merupakan budaya kebaratan yang diterapkan oleh Amerika Serikat dan tidak sesuai Pancasila.

"Kita bukan seperti di Amerika, demokrasi yang ke barat-baratan itu demokrasi yang the winner take itu all, sedangkan kita demokrasi Pancasila. Jadi siapapun yang menang, mari kita bersama-sama membangun negeri," ujarnya.

Airlangga mengaku ingin terwujudnya "pesta politik" yang bahagia di Indonesia, dengan tidak saling memecah-belah satu sama lain.

BACA JUGA:

"Karena yang paling kita khawatirkan kalau bangsa ini terbelah dengan politik identitas, kalau di ekonomi ada istilah namanya scare, ada luka yang mendalam. Demikian juga politik, ada luka yang mendalam dan tidak dalam waktu dekat sembuh, nah ini yang ingin kita tinggalkan," tuturnya.

Dia mengingatkan Golkar dengan Partai Demokrat sepakat bahwa sebelum dan setelah pemilu, tetap bersama membangun negeri.

Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku sepakat dengan Airlangga Hartarto untuk tidak ada eksploitasi politik identitas di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Tadi Pak Airlangga betul sekali mengingatkan kepada kita semua jangan sampai Pemilu 2024 ini seperti ada pembelahan atau benturan keras antara anak bangsa sendiri," kata AHY.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: