Yuk Kepoin Saham! Bagaimana Cara Hitung Dividen? Ternyata Gampang Bingits Gaes

Yuk Kepoin Saham! Bagaimana Cara Hitung Dividen? Ternyata Gampang Bingits Gaes

Ilustrasi Investasi-FIN.CO.ID-

Cara Hitung Dividen - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selalu berfluktuasi pada awal tahun 2023. Hal itu terkait dengan beberapa faktor penyebab yang memang terjadi di pasar. 

Meski demikian, di akhir kuartal I-2023 ini, sudah waktunya para emiten membagikan dividen, setelah pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilakukan, untuk melaporkan kinerja perusahaan pada tahun buku 2022. 

Para investor tentu sudah biasa dengan naik turunnya saham, namun ada hal lain yang tentu dinantikan oleh setiap pemegang saham, khususnya emiten-emiten yang berkinerja baik tahun lalu, yaitu pembagian dividen. 

Lalu, tahukah kamu bagaimana cara hitung dividen? Jika belum tahu, simak terus artikel ini hingga tuntas, kami akan menginformasikannya kepada kamu. 

BACA JUGA:

  1. Daftar 5 Aplikasi Saham Terbaik, Cocok Untuk Pemula dan Langsung Bikin Cuan
  2. Catat! Ini Emiten Pemberi Dividen Terbesar 2023, Pemegang Saham Siap-siap Cuan Gaes

Seperti diketahui, selain capital gain yang berupa keuntungan dari selisih harga saham saat kita beli dengan harga saat ini, investor saham juga berpotensi menerima keuntungan lain yaitu dividen. 

Dividen dibagikan oleh setiap perusahaan yang berhasil mencetak laba bersih. Pembagian dividen ditentukan saat RUPST dilakukan. 

Saham-saham dengan dividen jumbo bisa kamu temukan di indeks IDX High Dividend 20. Secara agregat, laba bersih 20 saham di indeks tersebut tumbuh 126 persen year on year (yoy).

Adapun cara untuk mengukur besarnya imbal hasil yang diperoleh investor karena dividen yang diterima, adalah dengan mengetahui dividen yield.

BACA JUGA:

  1. Saham GOTO Melejit Lebih Dari 6 Persen, Bersamaan Dengan Laporan Kinerja Kuartal I-2023
  2. Catat! Hari Ini Adalah Cum Date 6 Emiten, Dividen UNTR Disebut Paling Jumbo

Untuk menjawab apakah keuntungan dividen kamu bisa menutupi kerugian investasi, berikut adalah cara hitung dividen yield yang harus kamu ketahui.

Rumus dividen yield

Untuk mencari tahu besaran dividen yield suatu saham, maka rumusnya cukup mudah. Kamu tinggal menunggu kabar dari emiten seputar berapa nilai dividen yang akan dibagikan per lembar saham (dividend per share/dps), setelah itu kamu bagi nilai tersebut dengan harga saham saat ini.

Sebut saja, sebuah saham saat ini dijual di harga Rp 3.000 per lembar dan nilai dpsnya Rp 1.000. Maka dividen yieldnya adalah:

Rp 1.000 = 33 persen

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: