40.000 Pendatang Baru Bakal Padati Jakarta Usai Lebaran

40.000 Pendatang Baru Bakal Padati Jakarta Usai Lebaran

Suasana mudik di Stasiun Pasar Senen Kamis 13 April 2023-Afdal Namakule/fin.co.id-

40.000 Pendatang Baru Bakal Padati Jakarta Usai Lebaran - Diprediksi bakal ada 40.000 pendatang baru di DKI Jakarta usai Lebaran 2023.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta memprediksi 40.000 pendatang baru akan hadir di memadati Jakarta usai Lebaran 2023.

Jumlah tersebut naik 20 persen dari jumlah pendatang pada Lebaran 2022 yang mencapai 27.000 orang.

"Perkiraan kita ada penambahan sekitar 20 sampai 30 persen menjadi 36.000 sampai 40.000 pendatang baru," kata Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin, Rabu, 26 April 2023.

BACA JUGA:

Terkait hal itu, Budi mengatakan  sudah melakukan pendataan bagi penduduk yang ingin menetap di DKI Jakarta.

"Kita data selama satu bulan, H-1 atau pasca pada saat puncak arus balik mudik hingga satu bulan kami lakukan pendataan untuk penduduk yang non-permanen dan penduduk yang ingin menetap di DKI Jakarta," ujar Budi.

Budi menjelaskan bahwa berdasarkan catatannya selama tiga tahun terakhir, tren pendatang ke DKI mayoritas berasal dari latar belakang pendidikan di bawah SLTA dengan penghasilan rendah.

 BACA JUGA:

"Ya memang kalau kita lihat tren pendatang selama tiga tahun naik 80 persen dengan tingkat pendidikan SLTA ke bawah, 50 persen dari mereka berpenghasilan rendah, dan sebanyak 20 persen berkonsentrasi di RW kumuh," jelas Budi.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau agar warga yang mudik ke kampung halaman untuk tidak mengajak kolega maupun saudara saat kembali ke Jakarta.

Heru meminta agar petugas gabungan seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk memantau warga yang kembali setelah mudik.

"Dari Dinas Kependudukan bersama Satpol PP mungkin bersama (Dinas) Perhubungan juga untuk bisa menjaga atau memberitahukan kepada warganya untuk tidak kembali membawa kolega, kira kira seperti itu, sanak saudara," kata Heru saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Pemprov DKI Jakarta di Lapangan Monas, Jakarta, Selasa.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: