Kronologi Gugurnya Pratu F yang Terjun ke Jurang Saat Diserang KKB Papua

Kronologi Gugurnya Pratu F yang Terjun ke Jurang Saat Diserang KKB Papua

Jenazah Pratu F korban aksi KKB Papua usai dievakuasi-Puspen TNI-Puspen TNI

Kronologi Gugurnya Pratu F yang Terjun ke Jurang - Kronologi gugurnya Pratu F yang diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua diungkap Pusat Penerangan TNI.

Prajurit TNI Pratu F gugur setelah terdesak KKB Pupua dan mencoba menyelamatkan diri dengan terjun ke jurang 140 meter.

Kepala Pusan Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Julius Widjojono mengungkapkan Pratu F terpaksa menyelamatkan diri dengan melompat ke jurang dari ketinggian 140 meter.

Upaya tersebut dilakukan sebagai langkah menyelamatkan diri karena posisi terdesak dikepung KKB di Nduga, Papua pada 15 April 2023.

BACA JUGA:

Pratu F kala itu sedang bersama 35 prajurit TNI lainnya tengah bertugas dalam misi penyelamatan pilot pesawat Susi AirPhilip Mark Mehrtens.

"Dikepung dari atas, kiri, kanan samping tebing. Nah mencoba menyerang yang bawah itu ternyata ada seperti ada surface. Jadi escapenya dia itu lompat ke jurang itu, tapi tidak ada luka tembak, senjata masih ada," ujar Julius Widjojono, Minggu, 23 April 2023.

Julius membantah, jika Pratu F gugur akibat ditembak KKB Papua.

"Karena mencoba untuk escape dari serangan, melompat ke tebing, tidak tertembak. Pratu F lompat lalu jatuh dari tebing ketinggin 140 meter," katanya.

BACA JUGA:

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengungkapkan, Pratu F merupakan prajurit TNI ke-5 yang gugur dan jenazahnya ditemukan. 

Empat prajurit yang gugur sebelumnya sudah berhasil dievakuasi beberapa hari lalu.

"Jenazah Pratu F ditemukan oleh Tim Gabungan yang sejak peristiwa penembakan itu terus mencari dan menelusuri tempat kejadian penembakan oleh KKB," katanya dalam keterangan tertulisnya.

Jenazah Pratu F langsung dievakuasi ke Timika, untuk kemudian dibawa ke RSUD setempat guna pemulasaraan jenazah. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: