Niat dan Tata Cara Salat Hajat, Lengkap dengan Doa

Niat dan Tata Cara Salat Hajat, Lengkap dengan Doa

Salat sendiri di rumah-Pexels.com-

Niat Doa dan Tata Cara Salat Hajat- Salat hajat adalah salah satu jenis shalat sunnah yang dilakukan dengan tujuan meminta atau memohon sesuatu kepada Allah SWT.

Shalat hajat biasanya dilakukan ketika seseorang memiliki hajat atau kebutuhan yang sangat mendesak dan memerlukan pertolongan dan bantuan dari Allah SWT.

Salat hajat dilakukan dengan cara melakukan shalat dua rakaat pada waktu yang dianjurkan untuk shalat sunnah, kemudian setelah selesai shalat dilanjutkan dengan membaca doa hajat atau doa memohon hajat kepada Allah SWT.

Doa hajat ini biasanya berisi permohonan untuk meminta bantuan, pertolongan, perlindungan, dan lain sebagainya kepada Allah SWT.

Salat hajat sangat dianjurkan dalam agama Islam dan dipercaya dapat menjadi sarana untuk memperoleh keberkahan, keberhasilan, dan kesuksesan dalam kehidupan dunia maupun akhirat. 

Namun, seseorang harus tetap berusaha secara maksimal dan tidak hanya mengandalkan shalat hajat dalam mencapai tujuannya.

BACA JUGA:

Dilansir dari NU Online, dalam kitab Nihayatuz Zain oleh Syekh Nawawi Banten menyarankan agar seseorang yang sedang berhajat untuk melaksanakan shalat hajat. 

“Orang yang sedang mengalami kesempitan, berhajat untuk membuat mashlahat agama dan dunianya, dan merasakan kesulitan karenanya, hendaklah melakukakun shalat hajat sebagaimana berikut,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], cetakan pertama, halaman 103).

Shalat hajat dapat dilaksanakan 2 sampai 12 rakaat dengan dengan satu salam dalam tiap-tiap dua rakaat sehingga berjumlah 12 rakaat.  

BACA JUGA:

Berikut tata cara shalat hajat lengkap dengan bacaan niat dan doa. 

1. Niat shalat hajat.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: