Berkontribusi Atasi Pandemi, PLN Raih Penghargaaan Kategori Penopang Keandalan Sistem Kesehatan

Berkontribusi Atasi Pandemi, PLN Raih Penghargaaan Kategori Penopang Keandalan Sistem Kesehatan

PT PLN (Persero) mendapat penghargaan sebagai "Penopang Keandalan Sistem Kesehatan Saat Pandemi" atas kontribusinya dalam upaya mengatasi dampak pandemi Covid-19 di Indonesia--

BACA JUGA:Berhasil Jalankan Transformasi Digital, Dirut PLN Dianugerahi The Most Reputable CEO in Digital Platform

Sebagai contoh, PLN membantu pasokan oksigen medis bagi beberapa rumah sakit yang mengalami kekurangan. Tak hanya itu, beberapa pembangkit PLN juga berinovasi agar dapat memproduksi oksigen medis. Salah satunya dari PLTGU Priok.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, juga kata dia, PLN berhasil membuktikan tetap bertahan di saat banyak pengamat memprediksi PLN akan ambruk karena demand turun. Pandemi Covid-19 justru membuat PLN berhasil melakukan tranformasi baik dari sisi bisnis, pembangkitan, hingga layanan. Di antaranya, PLN berhasil mengurangi hutang sebesar USD 4 miliar dalam kurun waktu dua tahun dan mencatatkan kinerja keuangan terbaik selama 77 tahun terakhir.

"Di tengah pandemi, ketika terjadi krisis energi dalam skala global. Harga komoditas energi primer juga ikut melonjak. Bahkan PLN pun berhasil membangun sistem keandalan ketenagalistrikan nasional, yang juga terbaik dalam sepanjang sejarah Indonesia," ujar Darmawan.

Di bawah kepemimpinan Darmawan, selama tiga tahun ini PLN melakukan banyak inovasi, transformasi, dan efisiensi yang dibalut dalam digitalisasi. Salah satunya, kehadiran aplikasi PLN Mobile, yang membuat proses bisnis semula berbelit menjadi ringkas dan jauh lebih baik dengan beragam fitur-fitur layanan.

Salah satu fitur di aplikasi PLN Mobile yang lahir karena pandemi adalah fitur catat meter mandiri. Fitur ini dihadirkan belajar dari pengalaman awal pandemi, saat adanya kejadian tagihan listrik pelanggan mengalami kenaikan tiba-tiba di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Ini karena petugas PLN tidak bisa melakukan catat meter dan akhirnya menggunakan perhitungan rata-rata 3 bulan.

"Belajar dari kejadian inilah, maka fitur catat meter mandiri ini lahir. Masyarakat bisa melakukan pencatatan angka stan meter di rumah pada tanggal 24-27 setiap bulan hanya melalui aplikasi PLN Mobile," ujar Darmawan.

Sejumlah fitur-fitur baru juga terus ditambahkan di PLN Mobile mulai layanan penyambungan baru, tambah daya, hingga marketplace. Dengan transformasi dan inovasi yang dilakukan, PLN Mobile kini mendapatkan rating 4,9 dan telah diunduh lebih dari 38 juta downloader.

"Ini adalah pelayanan kami untuk mudahkan pelanggan, baik memenuhi kebutuhan listrik maupun sebagai jembatan komunikasi dalam kondisi apapun termasuk masa pandemi Covid-19, sangat efektif bantu masyarakat,” pungkas Darmawan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: