FSPPB Minta Semua Pihak Tunggu Hasil Investigasi Kebakaran Terminal BBM Plumpang Sebelum Ambil Keputusan!

FSPPB Minta Semua Pihak Tunggu Hasil Investigasi Kebakaran Terminal BBM Plumpang Sebelum Ambil Keputusan!

Depo Pertamina Plumpang terbakar --

Kebakaran Terminal BBM Plumpang - Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu atau FSPPB dengan tegas meminta kepada seluruh pihak agar menunggu hasil audit investigasi kebakaran terminal BBM Plumpang, sebelum mengambil keputusan. 

Hal itu disampaikan Presiden FSPPB Arie Gumilar kepada awak media di Jakarta, disela peringatan 2 dasawarsa FSPPB, Jumat 31 Maret 2023. 

Menurut Arie, pihak berwenang saat ini masih menyelidiki dan melakukan audit investigasi terhadap peristiwa kebakaran terminal BBM Plumpang pada Jumat 3 Maret 2023 lalu. 

Seluruh pihak termasuk stakeholder terkait, kata Arie, seharusnya menghormati proses yang sedang berjalan, serta menahan komentar apapun, apalagi mengambil keputusan yang terburu-buru soal langkah kedepan yang akan diambil. 

BACA JUGA:

  1. Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Bukan dari Tangki, Ternyata Ini Penyebabnya
  2. Daftar Korban Tewas Kebakaran Pertamina Plumpang Terbaru, 4 Jenazah Berhasil Diidentifikasi

Hal ini merujuk pada keputusan Menteri BUMN Erick Thohir yang akan memindahkan Terminal BBM Plumpang ke tempat baru yang lebih baik. 

"Yang diperlukan sebenarnya jangan terlalu cepat menyampaikan pernyataan tanpa adanya suatu kajian. Seharusnya dilakukan suatu kajian yang prudent terlebih dahulu, barulah disitu disimpulkan. Jangan kemudian ada satu pihak atau beberapa pihak yang memanfaatkan situasi dan kondisi di tengah-tengah orang kena musibah, untuk kepentingan-kepentingan tertentu," kata Arie menjawab pertanyaan fin.co.id.

Arie menegaskan, bisnis migas seperti yang dijalankan Pertamina, memiliki tingkat resiko yang tinggi dan harus dilakukan suatu perhitungan yang matang, ketika ingin mengambil suatu kebijakan. 

Ia meminta semua pihak agar menahan diri, tidak berspekulasi, dan menunggu hasil audit investigasi kebakaran terminal BBM Plumpang selesai. 

BACA JUGA:

  1. Buntut Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Erick Thohir Pecat Satu Direktur di Pertamina
  2. 7 Jenazah Korban Tragedi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Belum Teridentifikasi Tim DVI Polri

"Bisnis di Pertamina ini adalah high tech, high capital dan high risk. Bahwa semuanya itu akan berdampak dan berakibat terhadap biaya yang ditimbulkan," tegasnya. 

Di sisi lain, Arie memastikan bahwa penanganan terhadap korban yang terdampak kebakaran terminal BBM Plumpang telah dilakukan Pertamina dengan baik. 


Presiden FSPPB Arie Gumilar dalam acara tasyakuran 2 dasawarsa FSPPB di Jakarta, Jumat 31 Maret 2023-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-FIN

Adapun terkait nantinya terminal BBM Plumpang akan direlokasi atau tidak, Arie menyerahkan hal itu kepada hasil kajian yang prudent. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: