Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Bukan dari Tangki, Ternyata Ini Penyebabnya

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Bukan dari Tangki, Ternyata Ini Penyebabnya

Depo Pertamina Plumpang terbakar --

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Bukan dari Tangki, Ternyata Ini Penyebabnya

Insiden kebakaran Depo Pertamina Plumpang diungkap Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Nicke menyebut, kebakaran di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) atau Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, bukan berasal dari tangki BBM.

BACA JUGA:Daftar Korban Tewas Kebakaran Pertamina Plumpang Terbaru, 4 Jenazah Berhasil Diidentifikasi

"Insiden itu ada di mana? Itu kalau kita di pojok atas kanan, pas di belokan, di situ. Jadi, bukan di tangkinya tetapi di pipanya," kata Nicke.

"Kalau dilihat ada pipa yang masuk ke dalam tangki tersebut. Di pipa inlet itu lah yang terjadi kebakaran," sambunya RDP dengan Komisi VI DPR RI, Selasa 14 Maret 2023.

Menurut Nicke, tangki-tangki dan seluruh instalasi fasilitas yang ada di TBBM Plumpang atau Depo Pertamina Plumpang masih aman dan tidak terbakar.

"Yang terbakar adalah pipa yang inlet saja," lanjutnya.

BACA JUGA:Daftar Korban Meninggal Dunia Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara

Nicke menjelaskan, api yang membakar pipa Depo Pertamina Plumpang tersebut dapat dipadamkan dalam waktu 1 jam setelah kejadian dan berikutnya proses pendinginan.

"Itu pun berhasil kami padamkan dalam waktu 1 jam setelah itu didinginkan sehingga setelah 3 jam dinyatakan aman sehingga pada saat itu setelah kejadian pukul 04.00 sudah diaktifkan digunakan kembali tetapi pipanya kami off-kan tidak digunakan," tuturnya.

Adapun, kata dia, suplai BBM selanjutnya menggunakan pipa yang berasal dari laut untuk menjamin suplai BBM tetap aman kepada masyarakat.

Sehingga, pasokan menggunakan yang dari laut, menggunakan pipa yang dari laut sehingga itu untuk memastikan suplai BBM untuk 22 kabupaten/kota itu tetap terjamin walaupun ada insiden kebakaran tersebut.

BACA JUGA:Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Merintih Kesakitan hingga Jeritan Minta Tolong

"Kami waktu itu menjalankan komitmen dan kami menyampaikan kepada masyarakat bahwa kami jamin suplai karena ini tadi tangki-tangkinya semuanya aman, kami langsung on-kan pengiriman yang dari laut," ungkap Nicke.

Ia juga menyampaikan sampai saat ini, proses investigasi penyebab terjadinya kebakaran tersebut masih dilakukan oleh tim Pertamina dan pihak-pihak terkait lainnya.

Adapun penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang masih dilakukan investigasi yang terdiri dari aparat penegak hukum, kemudian dari Ditjen Migas Kementerian ESDM dan juga tim dari Pertamina.

"Hasil investigasi belum selesai, belum keluar, tentu nanti kalau sudah ada bisa kami sampaikan dalam forum yang lain," ujarnya.

BACA JUGA:Begini Pengakuan Warga Sebelum Terjadinya Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Dalam kesempatan itu, Nicke secara pribadi dan seluruh jajaran Pertamina meminta maaf atas insiden kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

"Saya pribadi dan seluruh jajaran Pertamina ingin mengucapkan permohonan maaf, rasa prihatin, dan duka yang mendalam atas terjadinya insiden ini dan kami berusaha memberikan seluruh upaya terbaik untuk melakukan penanggulangan dari insiden yang tidak sama-sama kita inginkan ini," ucap dia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: