Penyidik KPK Geruduk Rumah Tersangka Korupsi Kementerian ESDM di Depok

Penyidik KPK Geruduk Rumah Tersangka Korupsi Kementerian ESDM di Depok

Ilustrasi penggeledahan oleh penyidik KPK-ist-ANTARA

Penyidik KPK Geruduk Rumah Tersangka Korupsi Kementerian ESDM di Depok - Sejumlah tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeruduk sebuah rumah di Depok, Jawa Barat.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan tim penyidik KPK menggeledah rumah salah satu tersangka kasus korupsi tunjangan kinerja (tukin) pegawai di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun anggaran 2020-2022.

"Yang kami konfirmasi di Depok, di rumah salah satu tersangka di Depok," katanya, Selasa, 28 Maret 2023.

Diketahui pada Senin, 27 Maret 2023, penyidik KPK juga menggeledah dua lokasi yakni kantor Ditjen Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM di Tebet, Jakarta Selatan, dan kantor Kementerian ESDM di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

BACA JUGA:Ini Pernyataan Menteri Arifin Tasrif Soal Korupsi di Lingkungan Kementerian ESDM

Penyidik KPK telah menetapkan sejumlah tersangka dalam kasus dugaan korupsi tersebut.

Potensi kerugian yang ditimbulkan dalam kasus dugaan korupsi tukin tersebut diperkirakan mencapai puluhan miliar rupiah.

Meski demikian, KPK belum bersedia mengumumkan siapa saja para pihak yang ditetapkan tersangka.

Ali mengatakan daftar tersangka, uraian konstruksi dugaan pidana, dan pasal yang disangkakan akan kami sampaikan kepada publik setelah pengumpulan alat bukti oleh tim penyidik dinilai lengkap.

BACA JUGA:Fakta Baru Korupsi Tukin Kementerian ESDM, KPK: untuk Pemenuhan Proses Pemeriksaan BPK

KPK berharap semua pihak yang dipanggil, baik sebagai tersangka dan saksi bersikap kooperatif untuk hadir dan memberikan keterangan dengan jujur terkait kasus tersebut.

Pernyataan Menteri Arifin Tasrif Soal Korupsi di Kementerian ESDM 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan sejumlah tersangka dalam kasus korupsi di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

KPK pun telah melakukan penggeledahan di kantor Ditjen Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM di Tebet, Jakarta Selatan, Senin, 27 Maret 2023.

Atas hal tersebut Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan ada sejumlah pejabat yang terjerat korupsi tunjangan kinerja (tukin) pegawai Kementerian ESDM tahun 2020-2022.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: