Pemkot Bekasi Pastikan Harga Bahan Pokok di Pasar Masih Normal, Operasi Pasar Tetap Disiapkan Untuk Antisipasi

Pemkot Bekasi Pastikan Harga Bahan Pokok di Pasar Masih Normal, Operasi Pasar Tetap Disiapkan Untuk Antisipasi

Stok cabai milik kios pedagang di Pasar Baru Kota Bekasi-Tahta Aldo-

Pemkot Bekasi Pastikan Harga Bahan Pokok di Pasar Masih Normal, Operasi Pasar Tetap Disiapkan Untuk Antisipasi - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi berencana untuk mempersiapkan operasi pasar dan pasar murah memasuki bulan puasa dan jelang lebaran.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bekasi, Robert TP Siagian mengatakan, diprediksi akan terjadi lonjakan menjelang lebaran nanti.

BACA JUGA:Tetap Buka di Bulan Puasa, 2 Toko Minuman Keras Kena Razia Polres Metro Bekasi Kota

BACA JUGA:Rumput Stadion Patriot Dikritik Sangat Jelek, Pemkot Bekasi: Kita Sudah Persiapkan Semaksimal Mungkin

"Kondisi perkembangan harga bahan makanan pokok, pada bulan Ramadhan atau menjelang idulfitri di Kota Bekasi terjadi kenaikan harga," kata Robert TP Siagian saat dikonfirmasi, Senin 27 Maret 2023.

Menurutnya kenaikan harga dikarenakan tingginya permintaan bahan pokok di lapangan jelang lebaran, sehingga sangat mempengaruhi kondisi harga di pasaran.

Meski begitu, kenaikan harga bahan pokok di pasaran tidak terlalu signifikan saat ini dan masih di batas normal serta bahan pokok masih stabil.

"Demand yang tinggi biasanya mempengaruhi harga dipasar akan naik, dari hasil pantauan perkembangan harga di pasar baru bekasi masih relatif stabil," ucapnya.

BACA JUGA:Pemkot Bekasi Tiadakan CFD Selama Bulan Puasa

BACA JUGA:Dijanjikan Berangkat Ke Tanah Suci, Puluhan Jemaah Travel Umrah Asal Kalimantan Terdampar di Bekasi

Robert TP Siagian menjelaskan, daya beli masyarakat saat ini masih sedikit dikarenakan masih memasuki awal bulan puasa dan belum mendekati lebaran.

"Kita memantau kenaikan harga bahan pokok, dibandingkan dengan daya beli terjadi penurunan, secara umum kenaikan nya masih dalam zona yang normal," ungkapnya.

Sebelumnya fin.co.id juta telah memantau langsung kondisi beberapa bahan pokok, di Pasar Baru Kota Bekasi ketika memasuki awal bulan puasa 2023.

Harga cabai rawit merah dengan kualitas bagus, masih dijual dengan harga Rp 70.000/kg sedangkan yang kualitas standar masih di harga Rp 50.000/kg. 

BACA JUGA:Pengedar Narkotika Jenis Sinte di Bekasi Ditangkap, Polisi Amankan Alat Produksi dan Bibit

BACA JUGA:Tegas! Pemkot Bekasi Larang Pejabat dan Jajaran Pegawai Melakukan Buka Puasa Bersama

Untuk harga cabai merah keriting saat ini juga belum terjadi kenaikan, masih dijual dengan harga normal Rp 30.000 sampai Rp 40.000 per Kg. 

Selain itu, bawang merah besar dengan kondisi bagus di kios Pasar Baru Bekasi, dijual dengan harga Rp 35.000/kg dikarenakan belum ada kenaikan.

Sedangkan bawang merah besar yang standar, dijual dengan harga Rp 25.000 sampai dengan Rp 35.000 per Kg di kios pedagang Pasar Baru Kota Bekasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: