Hasil Survei Trust Indonesia: Publik Respon Positif Duet Anies-Sandi di Pilpres 2024

Hasil Survei Trust Indonesia: Publik Respon Positif Duet Anies-Sandi di Pilpres 2024

Sandiaga Uno dan Anies Baswedan-dedi wijaya-ANTARA

Hasil Survei Trust Indonesia: Publik Respon Positif Duet Anies-Sandi di Pilpres 2024  – Lembaga survei Trust Indonesia melakukan survei nasional terhadap opsi beberapa duet calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) pemilu 2024. 

Hasilnya adalah, publik menilai opsi duet Anies Baswedan–Sandiaga Uno mendapat respon yang cukup positif dari responden dan publik. Trust Indonesia menyebut duet ini cukup berhasil meraup dukungan tertinggi dalam simulasi 3 pasangan Capres-Cawapres.

BACA JUGA:Trust Indonesia: Pencapresan Anies Bawa Keuntungan Bagi Nasdem dan Demokrat

“Duet Anies-Sandi cukup oke, jika dalam skema 3 pasangan. Duet ini jauh lebih unggul daripada duet Ganjar-Erick atau Prabowo-Puan, dengan angka sekitar 30,4 persen,” kata Direktur Eksekutif Trust Indonesdia Azhari Ardinal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 25 Februari 2023. 

Trust Indonesia mengungkap, nama Sandiaga Uno selalu muncul dalam top of mind para pemilih. Berdasarkan survei terbaru Trust Indonesia, nama Sandiaga Uno selalu masuk (tiga) besar kandidat Cawapres Pemilu 2024. 

Pada hasil survei kali ini, dengan skema elektabilitas terbuka Sandiaga Uno berada pada urutan kedua kandidat Cawapres dengan nilai 8,5 persen.

“Nama Sandiaga Uno hanya berselisih 0,1 poin dengan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) saat ditanyakan kepada responden dengan pertanyaan terbuka. Ini artinya apa? Publik masih percaya dan menginginkan Sandi menjadi Cawapres,” jelas Azhari.

BACA JUGA:Survei Trust Indonesia: Prabowo-Ganjar Jadi Pilihan Tertinggi, Anies Beri Efek Ekor Jas dan Persepsi Perubahan

Menurut Trust Indonesia, faktor lain yang membuat duet Anies–Sandi ini cukup menarik lantaran pasangan ini pernah memenangkan kontestasi Pilkada Jakarta pada 2017 lalu. 

Perasaan yang kuat atau chemistry diantara keduanya yang sudah terbentuk lama, menjadi alasan Trust percaya bahwa duet ini bisa menjadi alternatif dalam memecah kebuntuan deklarasi pasangan Capres–Cawapres.  

“Meski sempat ada drama soal utang Rp 50 miliar, namun sepertinya para pemilih mengingat kembali nostalgia kemenangan Anies-Sandi di Pilkada DKI pada 2017 lalu. Mereka cukup yakin keberhasilan kemenangan itu mungkin akan berulang di Pilpres 2024 mendatang. Para pemilih tersebut mungkin memiliki beberapa pertimbangan,” ungkapnya.

Namun demikian, Azhari juga mengingatkan bahwa semuanya masih sangat bergantung pada dinamika politik yang akan terjadi ke depan. Meski santer akan dipasangkan dengan AHY, Azhari menegaskan siapapun masih punya kans yang sama besar untuk mendampingi Anies Baswedan, termasuk Sandiaga Uno.

BACA JUGA:Anies Baswedan Unggul Dalam Survei Key Opinion Leader Trust Indonesia Terhadap 5 Capres Potensial 2024

Perlu diketahui, Trust Indonesia melakukan survei nasional yang digelar pada 28 Januari-6 Februari 2023 lalu. Survei tersebut melibatkan 2.200 responden dengan tingkat kesalahan sebesar 2,09 persen tersebut. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: