Profil Depo Pertamina Plumpang, Pernah Meledak Pada Tahun 2009 Hingga Muncul Isu Sabotase

Profil Depo Pertamina Plumpang, Pernah Meledak Pada Tahun 2009 Hingga Muncul Isu Sabotase

Kebakaran di Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara--pmjnews

Profil Depo Pertamina Plumpang, Pernah Meledak Pada Tahun 2009 Hingga Muncul Isu Sabotase - Berikut Profil Depo Pertamina Plumpang yang mengalami peristiwa kebakaran di Koja, Jakarta Utara pada Jumat, 3 Maret 2023.

Peristiwa meledaknya Depo Pertamina Plumpang menyebabkan kebakaran hebat yang menewaskan 17 orang korban jiwa.

Petuas pemadan kebakaran mengerahkan 18 unit mobil pemadam kebakaran dan 90 personel untuk memadamkan api di Depo Pertamina Plumpang.

Hingga kini, penyebab kebakaran yang melanda Depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara belum diketahui.

Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina Patra wilayah Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menjelaskan, Pertamina masih fokus kepada proses evakuasi pekerja dan warga di sekitar lokasi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

"Kami terus berupaya maksimal menanggulangi kejadian ini. Penyebab kejadian masih dalam proses investigasi," ujarnya, Jumat 3 Maret 2023.

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk menyimak profil Depo Pertamina Plumpang yang dilansir dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Depo Pertamina Plumpang: Beroperasi Sejak 1974, Terminal BBM Terpenting di Indonesia Berkapasitas 291.889 KL

Profil Depo Pertamina Plumpang

Depo Pertamina Plumpang pertama kali beroperasi pada tahun 1974 silam yang memiliki kapasitas tangki penimum sampai 291.889 kiloliter.

Terminal BBM Plumpang masuk dalam daftar nomiasi 7th Most Efficient Storage Terminal pada Global Tank Storage Award 2018.

Berdasarkan Global Tank Storage, Depo Pertamina Plumpang dinilai sebagai BBM plaing penting di Indonesia. Pasalnya menyuplai sekitar 20% kebutuhan BBM harian di Indonesia atau sekiar 25% dari total kebutuhan harian SPBU Pertamina.

Terminal BBM Plumpang menyalurkan produk dengan berbagai varian yakni Premium, Bio Solar, Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite dan Pertamax Turbo,

Melalui Terminal Automation System (TAS) berkelas dunia yang biasa disebut New Gantry System ke kompartemen 249 unit mobil tangki.

BACA JUGA:Depo Pertamina Plumpang Terbakar, 14 Tewas dan 28 Luka Bakar

Depo Pertamina Plumpang Pernah Kebakaran Tahun 2009

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: