Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2023, Tersedia 46.720 Tiket Orang dan 10.440 Tiket Motor

Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2023, Tersedia 46.720 Tiket Orang dan 10.440 Tiket Motor

Kemenhub menyediakan 46.720 tiket orang dan 10.440 tiket sepeda motor pada mudik gratis 2023.-RENO ESNIR-ANTARA

Tujuan diselenggarakan program mudik gratis Kemenhub 2023 agar jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran dapat ditekan.

Tiga Rute Perjalanan

Djarot Tri Wardhono mengungkapkan mudik gratis Kemenhub 2023 ini akan melayani tiga rute perjalanan.

"Tiga lintasan yang kami tawarkan ada lintas utara, tengah, dan selatan," katanya.

Adapun rute lintas utara ialah Cilegon-Semarang Tawang melewati Stasiun Cilegon, Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Semarang Tawang.

BACA JUGA:Syarat Mudik Lebaran 2023 Naik Kereta Api Wajib Sudah Booster atau Dosis Penguat

"Ada yang berbeda di tahun ini kami akan menarik penumpang dari Cilegon, dari Cilegon kami tarik harapannya pemotor dari Cilegon dan sekitarnya, dari Merak dan sekitarnya bisa ketarik. Bahkan mungkin kalau dia naik dari seberang dari Sumatera dia naik kapal ferry dia bisa mengangkut motornya dengan kereta api. Jadi, tujuannya nanti bisa ke Semarang Tawang untuk lintas utara," katanya.

Lintas tengah dengan rute Jakarta Gudang-Purwosari melewati Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, dan Stasiun Purwosari.

"Kalau dilihat dari data tahun-tahun sebelumnya itu, Kutoarjo itu merupakan tujuan favorit. Jadi, sekitar 50 persen dari pemudik motor itu mengirim motornya itu di Kutoarjo," ujar Djarot.

Lintas selatan melayani rute Kiaracondong-Purwosari melewati Stasiun Kiaracondong, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Sidareja, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, dan Stasiun Purwosari.

BACA JUGA:Link Mudik Gratis Kemenhub 2023 Dibuka, Daftar Mudik Gratis Bisa Lewat Hp

"Cukup banyak pemotor yang mengantarkan sepeda motor ke tiga tujuan, jadi dari Bandung Ke Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari," tuturnya.

Sementara tarif angkutan kereta api lintas Cilegon-Pasar Senen-Semarang Tawang, yakni Rp10.000 per orang untuk jarak 330 kilometer (km) dan Rp20.000 per orang untuk jarak lebih dari 330 km.

Untuk lintas Pasar Senen-Purwosari dikenakan tarif Rp10.000 per orang untuk jarak 480 kilometer dan Rp20.000 per orang untuk jarak lebih dari 480 km.

Lalu, untuk lintas Kiaracondong-Purwosari juga dikenakan tarif Rp10.000 per orang untuk jarak 280 km dan Rp20.000 per orang untuk jarak lebih dari 280 km.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: